Silvya, Aliza (2022) Hubungan Perhatian Orangtua dengan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menegah Atas. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_ALIZA_SILVYA_18006231_1693_2022.pdf [thumbnail of B1_5_ALIZA_SILVYA_18006231_1693_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_ALIZA_SILVYA_18006231_1693_2022.pdf
Download (2MB)
Abstract
Motivasi belajar memiliki peran besar dalam proses belajar mengajar karena motivasi dapat menumbuhkan minat belajar siswa. Siswa dengan motivasi yang tinggi dapat belajar secara efisien. Siswa yang memiliki motivasi yang kuat akan mempunyai keinginan untuk melaksanakan kegiatan belajar. Sebaliknya siswa dengan motivasi yang rendah cenderung tidak memiliki semangat dalam belajar, sering merasa bosan dan jenuh. Begitu pentingnya peranan motivasi belajar bagi siswa, sebagai pendorong atau kekuatan siswa untuk belajar, dikarenakan motivasi mendorong seseorang untuk berdisiplin dan bekerja keras guna mencapai apa yang dicita-citakan. Sehingga pada akhirnya siswa akan memperoleh prestasi belajar secara optimal kalau ada motivasi. Motivasi akan senantiasa menentukan intensitas usaha belajar siswa.
Banyak hal yang mempengaruhi motivasi belajar itu terjadi, salah satu faktor yang diduga adalah perhatian yang diberikan orangtua di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat perhatian orangtua, motivasi belajar, dan bagaimana hubungan antara perhatian orangtua dengan motivasi belajar.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 961 orang siswa SMA Negeri 1 Sari Baganti yang terdaftar pada tahun ajaran 2021/2022 dengan sampel penelitian sebanyak 103 orang siswa yang dipilih dengan teknik Porposive Sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket perhatian orangtua dan instrumen motivasi belajar model Skala Likert dengan reliabilitas 0,588. Data diolah menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan untuk menguji hubungan data dianalisis menggunakan rumus Pearson Product Moment dengan program Statical Product and Service Solution (SPSS) version 26.0
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat perhatian orangtua siswa berada pada kategori tinggi dengan persentase 48,5%, (2) tingkat perhatian orangtua berada pada kategori tinggi dengan persentase 56,3%, (3) terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara perhatian orangtua dengan motivasi belajar siswa sekolah menengah atas dengan rtabel sebesar 0,588 dengan signifikansi 0,000
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perhatian Orangtua, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 09:05 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 09:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15477 |