Sakti, Sheanny Ocmi (2012) Perancangan Media Promosi Pariwisata Kota Solok dalam Bentuk Media Cetak Baliho. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_SHEANNY_OCMI_SAKTI_03724_3980_2012.pdf [thumbnail of B1_5_SHEANNY_OCMI_SAKTI_03724_3980_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_SHEANNY_OCMI_SAKTI_03724_3980_2012.pdf
Download (478kB)
Abstract
Kota Solok merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi SumateraBarat, Indonesia. Dengan lahan yang sangat strategis, karena terletak pada lintasantar Provinsi dan kabupaten/kota. Kota Solok juga disebut sebagai KotaPersinggahan, karena dari arah Selatan jalur lintas dari Propinsi Lampung,Provinsi Sumatera Selatan dan Propinsi Jambi, Kota ini merupakan titikpersimpangan untuk menuju Kota Padang sebagai ibu kota Provinsi.Kota Solok memiliki peran sentral di dalam menunjang perekonomianmasyarakat, karena Kota Solok lebih dari stengah luasnya adalah areapersawahan, maka mata pencaharian masyarakat Kota Solok pada umumnyaberasal dari pertanian yang rata-rata setiap kepala keluarga memiliki beberapapetak sawah sebagai sumber kehidupan mereka adapun yang hanya sebagai buruhtaninya. Sehingga Kota Solok dikenal sebagai Kota penghasil beras terbaik, Selainkualitas berasnya bagus banyak masyarakat yang mengkonsumsi beras Soloktidak hanya masyarakat dari dalam Kota saja tapi juga masyarakat dari luarKotaSolok. Hingga Kota Solok di juluki Solok Kota Bareh yang di patenkanmenjadi Ikon Kota Solok saat ini oleh Pemerintah Daerah.Keaslian budaya yang masih kental adalah potensi yang berpadu sebagaimodal pengembangan pariwisata di dareah ini. Kota Solok juga memiliki obyekobyek wisata alam yang tak kalah menarik misalnya Pulau Belibis dan BumiPerkemahan Ampang Kualo, Pacuan Kuda Ampang Kualo, Taman Kota, sports,budaya, transportasi traditional dan tempat-tempat sejarah lainnya. Begitu jugapotensi pariwisata budaya seperti pesta rakyat, kesenian dan tradisi adat istiadatsetempat, merupakan event-event yang menarik.Tapi dalam pengembangan pariwisata tersebut masih sangat minim dalamkomunikasi untuk memperkenalkan Kota Solok sebagai Kota Pariwisata, karenakurangnya media promosi dalam mempromosikan Kota Solok. Walaupun sudahada media iklan tapi dari segi bentuk tampilan yang sudah ada belummencerminkan identitas Kota Solok, kurangnya daya tarik dari iklan yangditampilkan.Maka dari permasalahan yang telah dikemukakan, untuk mempromosikandaerah wisata Kota Solok maka pilihan yang tepat sebagai media promosi adalahmedia cetak Baliho. Oleh sebab itu penulis mencoba membuat media promosidalam bentuk media cetak bertujuan agar Pariwisata di Kota Solok ini bermanfaatbagi pegembangan tempat wisata, dan memajukan daerah.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MEDIA PROMOSI, PARIWISATA |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Disain Komunikasi Visual-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 09:04 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 09:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15472 |