Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 Lubuk Alung

Ossy, Sesria (2013) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 Lubuk Alung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_SESRIA_OSSY_12707_5269_2013.pdf] Text
B1_5_SESRIA_OSSY_12707_5269_2013.pdf

Download (396kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar fisika siswa SMAN1 Lubuk Alung yang masih rendah, terutama pada materi suhu dan kalor. Rendahnya hasil belajar diantaranya disebabkan karena pembelajaran dengan
menggunakan metode ceramah, cendrung membuat siswa tidak aktif dan siswa terpaku hanya menghafalkan konsep fisika saja. Salah satu solusinya adalah penerapan model pembelajaran Guided Inquiry. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Guided Inquiry terhadap hasil belajar fisika siswa di kelas X SMAN 1 Lubuk Alung Kabupaten Padang
Pariaman. Hasil belajar yang dilihat pada penelitian ini hasil belajar yang pada ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotor. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu ( Quasi Experimental Research )dengan rancangan Randomize Control Group Only Design. Populasi dalam
penelitian ini ada sembilan kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Dari sembilan kelas diambil dua kelas sebagai sampel
setelah dilakukan uji kesamaan dua rata-rata terpilih dua kelas yang memiliki kemampuan awal yang hampir sama yakni X
1 dan X selanjutnya secara acak ditentukan kelas X1 sebagai kelas kontrol dan kelas X2 2 sebagai kelas eksperimen.
Data hasil belajar ranah kognitif diperoleh dari tes hasil belajar, data hasil belajar ranah afektif diperoleh menggunakan lembar observasi dan data hasil belajar
ranah psikomotor diperoleh menggunakan rubrik penskoran. Analisis data hasil belajar ranah kognitif, dilakukan dengan uji hipotesis tentang kesamaan dua ratarata menggunakan
statistik uji t pada taraf nyata 0,05. Hasil belajar ranah
afektif menggunakan persentase dalam bentuk grafik dan dilakukan uji hipotesis tentang kesamaan dua rata-rata menggunakan statistik uji t′ pada taraf nyata 0,05. Dan
hasil belajar ranah psikomotor, dilakukan menggunakan uji hipotesis tentang kesamaan dua rata-rata menggunakan statistik uji t′ pada taraf nyata 0,05.Melalui data yang diperoleh dari hasil penelitian dilakukan analisis data pada
ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotor. Dari hasil analisis data dapat dikemukakan hasil penelitian, yaitu penerapan model pembelajaran guided inquiry dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas X SMAN 1 Lubuk Alung pada ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotor.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 15 Jul 2025 09:03
Last Modified: 15 Jul 2025 09:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15466

Actions (login required)

View Item
View Item