Alharisto, Alharisto (2015) Aspek Pengelolaan Informasi dalam Pelayanan Publik di Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMP2T) Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_ALHARISTO_84291_1104_2015.pdf [thumbnail of B1_5_ALHARISTO_84291_1104_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_ALHARISTO_84291_1104_2015.pdf
Download (1MB)
Abstract
Untuk memenuhi hak setiap orang dalam memperoleh informasi, Badan Publik berkewajiban menyediakan dan melayani permohonan Informasi Publik secara cepat, tepat waktu, biaya ringan/proporsional, dan cara sederhana. Namun, pada kenyataannya pelayanan publik belum sesuai dengan sebagaimana mestinya.. BPMP2T pada dasarnya sudah mulai memanfaatkan teknologi telekomunikasi dan informasi.Namun, dalam kegiatan pelayanan jasa informasi yang dilakukan pemanfaatan teknologi telekomunikasi dan informasi di BPMP2T belum maksimal, diantaranya dalam melakukan pengelolaan dan pelayanan jasa informasi kepada publik. Dari latar belakang tersebut maka penulis tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang (1) bagaimana Kegiatan pengelolaan pelayanan jasa informasi yang dilakukan BPMP2T Kota Padang (2) Faktor yang mempengaruhi pengelolaan informasi pelayanan publik di BPMP2T Kota Padang.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan informan dalam penelitian ini memakai teknik purpossive sampling. Jenis datanya adalah data primer dan data sekunder yang dikumpulkan dengan wawancara dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan melalui teknik reduksi data, penyajian data dan triangulasi.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan beberapa hal yaitu: kegiatan pengelolaan informasi dalam pelayanan publik yang dilakukan BPMP2T Kota Padang mengutamakan hal-hal sebagai berikut: kesederhanaan, kejelasan, ketepatan waktu dalam pengurusan dan pelayanan, akurasi, keamanan, tanggung jawab, kelengkapan sarana dan prasarana, kemudahan akses dan kenyamanan. Sedangkan faktor yang mempengaruhi pengelolaan informasi pelayanan publik di BPMP2T Kota Padang meliputi penggunaan media, SDM, pelayanan keliling serta ketepatan waktu sesuai dengan SOP.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 09:03 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 09:03 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15463 |