Peningkatan Pemahaman Penyelesaian Tugas Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok.

Sesmita, Sesmita (2012) Peningkatan Pemahaman Penyelesaian Tugas Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_SESMITA_88046_1552_2012.pdf] Text
B1_5_SESMITA_88046_1552_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Layanan bimbingan dan konseling di sekolah mempunyai tujuan untuk membantu pengembangan potensi siswa secara optimal. Bimbingan kelompok merupakan salah satu jenis layanan yang dapat membantu masalah-masalah yang berhubungan dengan kegiatan belajar siswa, di samping jenis layanan lainnya.
Salah satu arah layanan yang dapat dilaksanakan guru BK adalah upaya peningkatan pemahaman penyelesaian tugas siswa.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman penyelesaian tugas siswa kelas X SMA N No1 2x11 Kayu Tanam, yang meliputi:(1) pemahaman penyelesaian tugas (2)pemahaman materi tugas, (3) pemahaman menyiapkan sumber, (4) pemahaman waktu penyelesaian tugas siswa, dan (5)
pemahaman menyelesaikan tugas siswa setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok.Penelitian ini berbentuk Pre-Experimental One-Group Pretest- Posttest untuk melihat bagaimana peningkatan pemahaman penyelesaian tugas siswa kelas X sebelum mengikuti layanan bimbingan kelompok dan bagaimana pemahaman penyelesaian tugas siswa setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok. Sampel penelitian ini adalah 10 orang siswa kelas X SMAN No1 2X11 Kayu Tanam
sebagai anggota kelompok dalam layanan bimbingan kelompok dan sekaligus sebagai kelompok eksperimen. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket yang berisikan pemahaman penyelesaian tugas siswa. Data yang
diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus statistik Wilcoxon signed ranks test. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan pemahaman penyelesaian tugas siswa setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok, dalam:
1) pemahaman penyelesaian tugas 2) pemahaman materi tugas 3) pemahaman menyiapkan sumber 4) pemahaman mengatur waktu penyelesaian tugas, 5) pemahaman menyelesaikan tugas.
Disarankan kepada guru BK, untuk terus meningkatkan dan
mengembangkan layanan bimbingan kelompok kepada siswa, lebih memberikan suatu pemahaman kepada siswa bagaimana penyelesaian tugas, memahami materi
tugas, menyiapkan sumber, mengatur waktu penyelesaian tugas dan menyelesaikan tugas.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 15 Jul 2025 05:26
Last Modified: 15 Jul 2025 05:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15453

Actions (login required)

View Item
View Item