Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Peer Lesson terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Junjung Sirih Kab. Solok

Ainisya, Ainisya (2012) Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Peer Lesson terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Junjung Sirih Kab. Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_AINISYA_66918_2012.pdf] Text
B1_5_AINISYA_66918_2012.pdf

Download (97kB)

Abstract

Aktivitas siswa dalam belajar akan menentukan keberhasilan mereka
memahami konsep atau materi pelajaran. Strategi pembelajaran aktif tipe “peer
lesson” adalah salah satu strategi pembelajaran yang berusaha meningkatkan
aktivitas yang dimaksud. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe peer lesson
terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA SMAN 1 Junjung Sirih Kab.
Solok. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh berarti penggunaan
strategi pembelajaran aktif tipe “peer lesson” terhadap hasil belajar fisika siswa
kelas XI IPA SMAN 1 Junjung Sirih Kab. Solok.
Jenis penelitian adalah “quasi eksperiment” dengan rancangan penelitian
“randomized control group only design”. Populasi penelitian adalah siswa kelas
XI IPA SMAN 1 Junjung Sirih Kab. Solok tahun ajaran 2011/2012 yang terdiri
dari tiga kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik “cluster random
sampling”, sehingga diperoleh kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas
XI IPA3 sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini adalah hasil belajar fisika siswa
pada ranah kognitif dan afektif. Data pada ranah kognitif diperoleh menggunakan
tes hasil belajar, dan pada ranah afektif menggunakan lembar observasi. Data
yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata untuk
ranah kognitif dan analisis grafik untuk ranah afektif.
Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata hasil belajar fisika siswa kelas
eksperimen pada ranah kognitif 70.26 dan rata-rata pada kelas kontrol 64.04.
Setelah dilakukan uji t diperoleh th = 2,91 dan tt = 2,00 (th > tt) pada taraf nyata
0,05 dan dk = 51, berarti, hipotesis nol di tolak dan hipotesis kerja diterima.
Berdasarkan analisis hasil belajar siswa pada ranah afektif diperoleh hasilnya,
kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa
penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe “peer lesson” berpengaruh terhadap
hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA SMAN 1 Junjung Sirih Kab. Solok.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 15 Jul 2025 05:25
Last Modified: 15 Jul 2025 05:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15444

Actions (login required)

View Item
View Item