Hubungan Antara Pola Asuh Orangtua dengan Disiplin Siswa di Sekolah: Studi Korelasional terhadap Siswa SMP Negeri 12 Padang

Sonita, Sera (2013) Hubungan Antara Pola Asuh Orangtua dengan Disiplin Siswa di Sekolah: Studi Korelasional terhadap Siswa SMP Negeri 12 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_SERA_SONITA_01208_1934_2013.pdf] Text
B1_5_SERA_SONITA_01208_1934_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pola asuh yang diterapkan oleh orangtua kepada setiap anak berbeda-beda,ada orangtua yang mengasuh anaknya dengan pola asuh authoritarian, authoritative, dan permisive. Pola asuh yang diterapkan orangtua akan berdampak kepada tingkahlaku anak, salah satunya akan berpengaruh terhadap disiplin anak
di sekolah. Saat berada di sekolah ada siswa yang disiplin, kurang disiplin maupun yang tidak disiplin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara pola asuh orangtua dengan disiplin siswa di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional, dengan
menggunakan rumus korelasi spearman rank. Populasi penelitian adalah seluruhsiswa SMP Negeri 12 Padang yang berjumlah 718 orang yang terdiri dari kelas Reguler dan kelas RSBI. Sampel penelitian sebanyak 128 orang siswa. Teknik penarikan sampel menggunakan metode Stratified Random Sampling Penelitian ini menggunakan 2 variabel, yaitu pola asuh orangtua (variabel X) dan disiplin siswa di sekolah (variabel Y). Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan
data adalah angket dalam bentuk skala Likert, 37 item pernyataan tentang pola asuh orangtua dan 38 item pernyataan tentang disiplin siswa di sekolah. Temuan penelitian mengungkapkan tentang; 1) pola asuh yang dominan
dirasakan siswa yang diterapkan orangtua adalah pola asuh authoritative, 2)kedisiplinan siswa SMP Negeri 12 Padang berada pada kategori disiplin, 3) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orangtua dengan disiplin
siswa di sekolah dimana angka koefisien korelasi 0,071 dengan sig 0,428(sig>0,05). Berdasarkan temuan penelitian disarankan kepada guru BK untuk dapat menjalin kerja sama dan komunikasi yang baik dengan orangtua agar dapat
menerapkan pola asuh yang tepat terhadap anak serta membantu siswa yang mengalami masalah terkait dengan disiplin, melatih siswa membiasakan diri disiplin dengan segala aktifitas di sekolah, serta merancang program layanan
yang berisikan materi mengenai pentingnya disiplin di sekolah.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 15 Jul 2025 05:25
Last Modified: 16 Jul 2025 07:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15442

Actions (login required)

View Item
View Item