Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Apresiasi Seni Rupa dengan Metode Cooperative Learning Tipe STAD siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 6 Pariaman

Nurrohmah, Ain (2013) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Apresiasi Seni Rupa dengan Metode Cooperative Learning Tipe STAD siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 6 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_AIN_NURROHMAH_00162_2547_2013.pdf] Text
B1_5_AIN_NURROHMAH_00162_2547_2013.pdf

Download (875kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya aktivitas belajar di dalam kelas ini menjadi salah satu penyebab rendah tingkat pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran Apresiasi seni rupa. Tujuan penelitian ini adalah 1) Peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran melalui penggunaan Metode Cooperative Learning Tipe STAD pada mata pelajaran Apresiasi Seni Rupa SMP Negeri 6 Pariaman, 2) Peningkatan hasil belajar Apresiasi Seni Rupa siswa melalui penggunaan metode Cooperative Learning Tipe STAD di SMP Negeri 6 Pariaman.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 6 Pariaman. Siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 6 Pariaman berjumlah 19 orang. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII. 1 SMP Negeri 6 Pariaman dengan alamat jalan Gondoriah No. 70 K, Kota Pariaman Sumatra Barat. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, pengamatan hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Penggunaan metode pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Seni Budaya, Penggunaan metode pembelajaran metode STAD dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa dalam pembelajaran Seni Budaya (Seni Rupa_) di kelas VIII.I SMP Negeri 6 Pariaman. Pada pra siklus rata-rata kemampuan siswa adalah 62,47, kemudian pada siklus I rata-rata kemampuan 68,89 dan pada siklus II meningkat menjadi 86,84. Saran diharapakan guru yang memiliki masalah pembelajaran yang relatif sama dapat menggunakan metode pembelajaran STAD dalam proses pembelajaran masing-masing, diharapkan kepada guru mata pelajaran Seni Budaya dapat menggunakan bermacam-macam pendekatan. Metode dan strategi pembelajaran yang bervariasi diantarnya metode pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 15 Jul 2025 05:25
Last Modified: 15 Jul 2025 05:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15441

Actions (login required)

View Item
View Item