Hidayat, Fitra (2016) Peranan Eksternal Manajer,Sikap Staf, Kepuasan dan Pengaruhnya terhadap Kepercayaan Masyarakat dalam Pelayanan Sosial, Kesejahteraan di Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_FITRA_HIDAYAT_1201638_1210_2016.pdf [thumbnail of B1_5_FITRA_HIDAYAT_1201638_1210_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_FITRA_HIDAYAT_1201638_1210_2016.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: 1) pengaruhperanan eksternal manajer terhadap kepercayaan masyarakat dalam pelayanansosial kesejahteraan di Kabupaten Tanah Datar. 2) pengaruh sikap staf terhadapkepercayaan masyarakat dalam pelayanan sosial kesejahteraan di KabupatenTanah Datar. 3) pengaruh kepuasan masyarakat terhadap kepercayaan masyarakatdalam pelayanan sosial kesejahteraan di Kabupaten Tanah Datar. 4) pengaruhsecara simultan (serentak) peranan eksternal manajer, sikap staf, kepuasanmasyarakat terhadap kepercayaan masyarakat dalam pelayanan sosialkesejahteraan di Kabupaten Tanah Datar.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini jugaberjenis kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah totalpenduduk berdasarkan kepala keluarga (rumah tangga) yang tersebar dalam 14kecamatan dan 75 kenagarian di Kabupaten Tanah Datar yaitu sebesar 84.170kepala keluarga (rumah tangga). Sampel dalam penelitian ini ditarik dengan duatahap yaitu: (1) teknik Cluster Sampling; (2) teknik proportional stratifiedrandoom sampling dengan rumus slovin. Pengumpulan data dalampenelitian ini menggunakan angket dengan skala pengukuran likert dandidukung dengan studi dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisisdengan menggunakan teknik regresi linear sederhana dan regresi linear berganda.Hasil penelitian menunjukan bahwa peranan eksternal manajer berada padakategori baik, dimana diperoleh nilai TCR variabel ini sebesar 67,0%. TCR sikapstaf juga berada pada kategori baik dengan perolehan nilai TCR sebesar 68,0%.Tingkat kepuasan masyarakat berada pada kategori puas dimana diperoleh nilaisebesar 73,9%. Kemudian TCR dari kepercayaan masyarakat sebesar 65,30%yang menunjukkan tingkat kepercayaan masyarakat berada pada kategori tinggi.Dari hasil uji hipotesis yang telah dilakukan, terdapat pengaruh yang signifikanperanan eksternal manajer terhadap kepercayaan masyarakat sebesar 28,6%;terdapat pengaruh yang signifikan sikap staf terhadap kepercayaan masyarakatsebesar 11,4%; terdapat pengaruh yang signifikan kepuasan masyarakat terhadapkepercayaan masyarakat sebesar 10,8%; terdapat pengaruh yang signifikan secarasimultan peranan eksternal manajer, sikap staf, kepuasan masyarakat terhadapkepercayaan masyarakat sebesar 32,0.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | EKSTERNAL MANAJER, PELAYANAN SOSIAL |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 05:25 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 05:25 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15439 |