Wulandari, Fithri (2016) Dampak Pembelajaran Berbantuan Komputer terhadap Hasil Belajar Simulasi Digital Siswa SMKN 7 Kabupaten Tangerang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_FITHRI_WULANDARI_1209877_2171_2016.pdf [thumbnail of B1_5_FITHRI_WULANDARI_1209877_2171_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_FITHRI_WULANDARI_1209877_2171_2016.pdf
Download (650kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari apakah hasil belajar yangmenggunakan pembelajaran berbantuan komputer (computer assistedinstruction/CAI) lebih tinggi dari hasil belajar pembelajaran konvensional dalammata pelajaran Simulasi Digital siswa SMK Negeri 7 Kabupaten Tangerang.Dalam penelitian ini diajukan dua hipotesis, pertama, tidak terdapat perbedaanantara nilai tes awal (pretest) kelompok eksperimen yang menggunakanpembelajaran CAI dengan nilai tes awal (pretest) kelompok kontrol yangmenggunakan pembelajaran secara konvensional pada mata pelajaran SimulasiDigital Siswa SMKN 7 Kabupaten Tangerang. Dan yang kedua, Nilai tes akhir(posttest) kelompok eksperimen yang menggunakan pembelajaran CAI lebihtinggi dari nilai tes akhir (posttest) kelompok kontrol yang menggunakanpembelajaran konvensional pada mata pelajaran Simulasi Digital Siswa SMKN 7Kabupaten Tangerang.Penelitian ini adalah penelitian quasi experimental, menggunakan desainpretest posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalahenam kelas siswa SMK Negeri 7 Kabupaten Tangerang yang mengambil matapelajaran Simulasi Digital. Dengan menggunakan cluster random samplingdiperoleh dua kelas sebagai sampel penelitian, yaitu kelompok eksperimen dankelompok kontrol. Hasil belajar siswa diperoleh melalui tes pilihan ganda dan teskinerja (performance test). Data yang dianalisi adalah pretest-posttest. Analisisdata menggunakan statistik deskriptif dan uji hipotesis dengan rumus t test sampelbebas. Analisis data menggunakan SPSS versi 20.Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, pertama, nilai tes awal (pretest)kelompok eksperimen yang menggunakan pembelajaran CAI sama dengan nilaites awal (pretest) kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran secarakonvensional pada mata pelajaran Simulasi Digital Siswa SMKN 7 KabupatenTangerang. Kedua, hasil belajar tes akhir (posttest) kelompok eksperimen yangmenggunakan pembelajaran CAI lebih tinggi dari hasil belajar tes akhir (posttest)kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional pada matapelajaran Simulasi Digital Siswa SMKN 7 Kabupaten Tangerang. Sehingga dalamhal ini pembelajaran CAI berdampak terhadap hasil belajar mata pelajaranSimulasi Digital Siswa SMKN 7 Kabupaten Tangerang. Berdasarkan temuan ini,maka implikasi dan saran yang disampaikan adalah pembelajaran berbantuankomputer hendaknya diterapkan disemua SMK dan setiap sekolah dilemgkapidengan peralatan yang memadai yang diperlukan dalam penerapan pembelajaranberbantuan komputer, khususnya labor komputer.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN BERBANTUAN, HASIL BELAJAR, SIMULASI DIGITAL |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S2 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 05:24 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 05:24 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15437 |