Efektifitas Metode Think-Pair-Share dalam Layanan Penguasaan Konten untuk Meningkatkan Penguasaan Siswi tentang Kesehatan Reproduksi Remaja.

Ramli, Fira (2015) Efektifitas Metode Think-Pair-Share dalam Layanan Penguasaan Konten untuk Meningkatkan Penguasaan Siswi tentang Kesehatan Reproduksi Remaja. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_FIRA_RAMLI_1100531_4862_2015.pdf] Text
B1_5_FIRA_RAMLI_1100531_4862_2015.pdf

Download (5MB)

Abstract

Masa remaja merupakan salah satu periode penting selama rentangkehidupan. Berbagai perubahan dan perkembangan pada remaja dapat terjadidengan cepat. Penelitian dilatarbelakangi karena rendahnya penguasaan remajasiswi berkaitan dengan perubahan dan perkembangannya, yang berakibat munculperilaku negatif sehingga menjadi rentan beresiko terhadap kesehatan reproduksi.Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan tingkatan penguasaan siswitentang KRR sebelum diberikan metode TPS dalam layanan PKO, (2)mendeskripsikan tingkatan penguasaan siswi tentang KRR sesudah diberikanmetode TPS dalam layanan PKO, (3) menguji perbedaaan tingkat penguasaansiswi tentang KRR sebelum dan sesudah diberikan perlakuan metode TPS dalamlayanan PKO.Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen, rancangan preeksperiment. Subjek penelitian yaitu siswi kelas VIII SMPN 25 Padang sebanyak35 siswi, dengan teknik non random sampling metode sampling purposive.Instrumen yang digunakan yaitu angket dengan skala Guttman. Data dianalisisdengan Wilcoxon Signed Ranks Test bantuan SPSS versi 20.00.Temuan penelitian ini adalah; (1) tingkatan penguasaan siswi tentang KRRsebelum diberikan perlakuan berada pada kategori tinggi, ini berarti siswimemahami materi KRR dengan menggunakan metode ceramah yang digunakandalam layanan informasi (2) tingkatan penguasaan siswi tentang KRR setelahdiberikan perlakuan berada pada kategori sangat tinggi, yang berarti bahwapenguasaan siswi dengan metode TPS dalam layanan PKO membuat siswi lebihmenguasai materi KRR (3) terdapat perbedaaan tingkatan penguasaan siswitentang KRR sebelum dan sesudah diberikan perlakuan, artinya bahwa metodeTPS yang digunakan dalam layanan PKO lebih efektif daripada metode ceramahyang digunakan dalam layanan informasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapatdisimpulkan penguasaan siswi tentang KRR dapat meningkat melalui metode TPSdalam layanan PKO.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: METODE THINK-PAIR-SHARE, KESEHATAN REPRODUKSI, REMAJA
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 15 Jul 2025 03:16
Last Modified: 15 Jul 2025 03:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15422

Actions (login required)

View Item
View Item