Yuliani, Yuliani (2013) Pendidikan Moral Anak dalam Keluarga di PAUD Mutiara I SKB Lubuk Begalung Padang Kota Padang di Kecamatan Lubuk Kilangan Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_YULIANI_98889_3530_2014.pdf [thumbnail of B1_4_YULIANI_98889_3530_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_YULIANI_98889_3530_2014.pdf
Download (474kB)
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi tingginya prilaku moral anak dalam
keluarg yang terlihat dari sikap anak dan pembiasaan anak sehari-hari di
rumah seperti anak berkata sopan, tidak memotong pembincaraan orang
tua, dan tidak berteriak ketika orang tua menyuruh mandi. Tujuan
penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan pendidikan moral anak usia dini
dalam keluarga melalui pembiasaan, 2) mendeskripsikan pendidikan
moral pada anak usia dini dalam keluarga melalui contoh tauladan, 3)
mendeskripsikan pendidikan moral anak usia dini dalam keluarga melalui
aturan-aturan.
Jenis penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh orang tua anak usia dini di PAUD Mutiara I
SKB Lubuk Begalung yang berjumlah 27 orang. Berhubung karena
jumlah populasi sedikit, maka tidak dilakukan penarikan sampel, jadi
responden penelitian ini sebanyak 27 orang.. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah angket dengan alat pengumpul datanya kuesioner,
teknik dan analisis data adalah menggunakan teknik deskriptif kuantitatif
dengan perhitungan persentase.
Berdasarkan hasil penelitian menemukan bahwa: (1) Pendidikan
moral anak dalam keluarga melalui pembiasaan-pembiasaan perilaku
moral dilaksanakan dengan baik, (2) Pendidikan moral dalam keluaraga
melalui pembelrian contah tauladan (permodelan) sudah dilaksanakan
dengan baik, (3) Pendidikan moral anak dalam keluarga melalui aturanaturan
perilaku moral sudah dilaksanakan dengan baik.
Berdasarkan hal di atas dapat disarankan (1) kepada orang tua
untuk selalu menerapkan pendidikan moral dalam keluarga melalui
pembiasaan-pembiasaan yang baik pada anak usia dini sehingga menjadi
pribadi yang baik setelah besar nanti, (2) kepada guru dan orang tua untuk
selalu memberikan contoh tauladan yang baik dalam membina anak anak
PAUD dengan berbagai macam pendidikan moral dan mendidik sehingga
tercipta siswa yang berprilaku baik, dan (3) kepada orang tua untuk selalu
memberikan dan mangajarkan aturan-aturan yang baik kepada anak
sehingga anak mengetahui apa yang bak dan apa yang salah
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 08:33 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 08:33 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15407 |