Hubungan Motivasi belajar Peserta Didik dengan Partisipasinya dalam Proses Pembelajaran di TPQ Al-Hidayah Lubuk Basung Kabupaten Agam

Sherly, Yulia (2014) Hubungan Motivasi belajar Peserta Didik dengan Partisipasinya dalam Proses Pembelajaran di TPQ Al-Hidayah Lubuk Basung Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_YULIA_SHERLY_96005_2342_2014.pdf] Text
B1_4_YULIA_SHERLY_96005_2342_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya partisipasi peserta didik
TPQ Al-Hidayah Luak Gadang, yang dilihat dari kurangnya motivasi belajar
peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran. Sehubungan dengan itu
penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana gambaran motivasi belajar
peserta didik, gambaran partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran di
TPQ serta hubungan antara motivasi belajar peserta didik dengan partisipasinya
pada proses pembelajaran.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Populasinya
adalah peserta didik yang berada di TPQ Al-Hidayah Luak Gadang berjumlah 154
orang. Sampel 25% dan populasi 38 orang dengan teknik penarikan sampel
Cluster Sampling. Teknik pengumpulan data adalah teknik wawancara terstrukur.
Teknik analisis data menggunakan persentase dan product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) motivasi belajar peserta didik
masih rendah, (2) Partisipasi belajar peserta didik masih rendah, dan (3) terdapat
hubungan yang signifikan antara motivasi belajar peserta didik dengan
partisipasinya dalam proses pembelajaran di TPQ Al-hidayah Luak Gadang. Saran
dari peliti agar perlu kiranya pendidik untuk meningkatkan motivasi belajar
peserta didik agar berpartisipasi dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 14 Jul 2025 08:32
Last Modified: 14 Jul 2025 08:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15402

Actions (login required)

View Item
View Item