Herman, Yulia (2015) Peningkatan Motorik Halus Anak Melalui Metode Pemberian Tugas Pola-Pola Geometri pada Kelompok Bermain Ar-Rahmah Cingkariang Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_YULIA_HERMAN_93844_482_2015.pdf [thumbnail of B1_4_YULIA_HERMAN_93844_482_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_YULIA_HERMAN_93844_482_2015.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan motorik halus
anak pada kelompok bermain Ar-Rahmah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
melihat peningkatan motorik halus anak dalam aspek kekuatan jari-jemari tangan
dan koordinasi mata dan tangan melalui metode pemberian tugas pola-pola
gometri.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, Subjek penelitian
adalah peserta didik pada kelompok bermain Ar-Rahmah berjumlah lima belas
orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan alat pengumpulan
datanya adalah pedoman observasi, diolah dengan teknik frekuensi data
persentase, dilakukan dalam dua siklus.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus anak
dalam kekuatan jari-jemari tangan terjadi peningkatan, kemampuan motorik halus
anak dalam koordinasi mata tangan terjadi peningkatan. Saran dari penelitian ini
adalah kepada pihak sekolah sebaiknya menyediakan alat-alat permainan yang
dapat meningkatkan motorik halus anak usia dini. Kepada guru diharapkan dapat
meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini dengan metode
pemberian tugas. Kepada peneliti selanjutnya, agar dapat memilih metode
pengembangan motorik halus dengan cara yang lainnya.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 08:31 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 08:32 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15396 |