Firmonia, Nurul Azkia (2020) Pengembangan Bahan Ajar Fisika Materi FluidaTerintegrasi Literasi Baru dan Bencana untuk Meningkatakn Hasil Belajar Siswa Kelas XI. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_NURUL_AZKIA_FIRMONIA_16033024_242_2020.pdf [thumbnail of B1_5_NURUL_AZKIA_FIRMONIA_16033024_242_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_NURUL_AZKIA_FIRMONIA_16033024_242_2020.pdf
Download (12MB)
Abstract
Revolusi industri 4.0 yang dihadapi sekarang berbasis keterampilan abad21. Keterampilan abad 21 berupa keterampilan berliterasi untuk menghadapi eradigitalisasi. Kurikulum 2013 merupakan salah satu upaya pemerintah dalammenyambut revolusi 4.0 ini. Tujuan dari kurikulum 2013 adalah untukmeningkatkan kompetensi siswa. Kenyataan yang ditemukan di lapangan,penerapan literasi dalam pembelajaran masih rendah. Salah satu solusi yang dapatdilakukan adalah dengan mengembangkan bahan ajar fisika terintegrasi literasibaru dan bencana. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan validitas, praktikalitas, dan efektivitas bahan ajar fisika terintegrasi literasi baru dan bencana.Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research dan Development (R&D).Objek penelitian adalah bahan ajar fisika materi fluida terintegrasi literasi barudan bencana. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar angketuji validitas, praktikalitas, dan efektivitas. Teknik analisis data yang digunakanadalah analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji perbandingan berkorelasi, dan uji tertanda wilcoxon.Dari analisis data penelitian dapat dinyatakan tiga hasil dari penelitian.Pertama bahan ajar fisika materi fluida terintegrasi literasi baru dan bencanaberada pada kriteria baik sekali dengan nilai rata-rata 86,27. Kedua, penggunaanbahan ajar fisika materi fluida bermuatan literasi baru dan bencana menurut guruberada pada kriteria baik sekali dengan nilai rata-rata 83,65. Menurut siswapenggunaan bahan ajar fisika materi fluida terintegrasi literasi baru dan bencanaberada pada kriteria baik dengan nilai rata-rata 79,52. Ketiga, penggunaan bahanajar fisika materi fluida adalah efektif dalam pendekatan saintifik untukmeningkatkan keterampilan literasi data dan berkomunikasi siswa. Jadi, dari hasilini dapat disimpulkan bahwa bahan ajar fisika materi fluida terintegrasi literasibaru dan bencana adalah valid, praktis, efektif.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BAHAN AJAR FISIKA, LITERASI BARU, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 07:54 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 07:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15376 |