Rakhmanishati, Sekar Ayu (2016) Efektivitas Layanan Informasi dengan Menggunakan Sugesti untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_SEKAR_AYU_RAKHMANISHATI_1100488_3838_2016.pdf [thumbnail of B1_5_SEKAR_AYU_RAKHMANISHATI_1100488_3838_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_SEKAR_AYU_RAKHMANISHATI_1100488_3838_2016.pdf
Download (11MB)
Abstract
Konsep Diri yang negatif merupakan awal dari berbagai permasalahan terutama dalam berperilaku sehingga kehidupan efektif sehari–hari terganggu.Penerapan sugesti pada layanan bimbingan dan konseling dapat digunakan untuk
meningkatkan konsep diri siswa. Penelitian ini bertujuan mengungkap efektivitas penerapan sugesti pada layanan informasi untuk meningkatkan konsep diri siswa.
Jenis penelitian ini termasuk penelitian Quasy-Experiment dengan rangcangan The Non Equivalent Control Group. Subjek penelitiannya adalah siswa SMA Negeri 2 Padang, dengan kelas X IPS 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X IPS 2 sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah
instrumen konsep diri. Data tentang konsep diri siswa dikumpulkan saat Pretest dan Posttest, kemudian dianalisis menggunakan rumus Wilcoxon Signed Ranks
test dan Kolmogorov-Smirnov Two Independet Sampel dengan bantuan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 20. Temuan dari penelitian ini yaitu: (1) Konsep diri siswa kelompok kontrol dan eksperimen berada pada kategori cukup positif untuk indikator fisik dan
akademik serta positif untuk indokator sosial, 2) konsep diri siswa kelompok eksperimen setelah diberikan layanan informasi dengan sisipan sugesti berada pada kategori positif untuk indikator fisik serta sangat positif untuk indikator sosial dan akademik, sedangakn kelompok kontrol setelah diberikan layanan informasi tanpa sisipan sugesti berada pada kategori cukup positif untuk indikator
fisik dan akademik serta positif untuk indikator sosial, 3) terdapat perbedaan yang signifikan konsep diri siswa kelompok eksperimen sebelum dan sesudah
mengikuti kegiatan layanan informasi dengan penerapan sugesti, (4) tidak terdapat perbedaan yang signifikan konsep diri siswa kelompok kontrol sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan layanan informasi, (5) terdapat perbedaan yang
signifikan konsep diri siswa pada kelompok eksperimen yang mengikuti kegiatan layanan informasi dengan penerapan sugesti dengan kelompok kontrol sesudah mengikuti layanan informasi. Berdasarkan temuan di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan sugesti efektif digunakan pada layanan informasi untuk meningkatkan konsep diri siswa,
oleh karena itu guru BK disarankan dapat menggunakan layanan informasi dengan penerapan sugesti untuk membantu meningkatkan konsep diri siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 04:02 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 04:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15371 |