Rosalia, Sefni (2021) Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Disiplin Belajar Siswa SMA Negeri 2 Solok Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_SEFNI_ROSALIA_16006085_5707_2021.pdf [thumbnail of B1_5_SEFNI_ROSALIA_16006085_5707_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_SEFNI_ROSALIA_16006085_5707_2021.pdf
Download (2MB)
Abstract
Keluarga merupakan lingkungan pertama bagi anak untuk mendapatkan pendidikan, dalam mendidik anak setiap orangtua memiliki cara yang berbeda.Cara orangtua dalam mendidik anak akan menentukan bagaimana perilaku anak di lingkungan masyarakat maupun sekolah. Salah satu pendidikan yang diperoleh anak dari orangtua adalah disiplin. Anak yang memiliki disiplin belajar di rumah akan memiliki disiplin belajar di sekolah. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan
untuk: (1) mendeskripsikan gambaran pola asuh orangtua, (2) mendeskripsikan gambaran disiplin belajar siswa, dan (3) menguji apakah terdapat hubungan antara pola asuh orangtua dengan disiplin belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan populasi sebanyak 318 siswa. Penarikan sampel sebanyak 177 siswa dengan menggunakan
rumus Slovin. Teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu Simple Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan angket pola asuh orangtua dan disiplin belajar siswa dengan menggunakan model skala Likert. Data di analisis
dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis korelasional.Pengujian hipotesis penelitian menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment Correlation.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) pola asuh orangtua berada pada kategori sedang, (2) disiplin belajar siswa berada pada kategori tinggi, (3)
terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orangtua dengan disiplin belajar siswa SMA N 2 Solok Selatan dengan r
tabel sebesar 0,138 dan r hitung sebesar 0,284 dengan taraf signifikan 0,000. Berdasarkan temuan penelitian ini,
diharapkan guru BK dapat memberikan bantuan berupa layanan informasi, layanan individual, layanan bimbingan kelompok, dan layanan konseling kelompok.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 03:43 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 03:43 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15366 |