Darma, Selvia Febry (2016) Pengaruh Model Cooperarive Learning Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Kelas XI IPS SMA N 16 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_SELVIA_FEBRY_DARMA_97175_2455_2016.pdf [thumbnail of B1_4_SELVIA_FEBRY_DARMA_97175_2455_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_SELVIA_FEBRY_DARMA_97175_2455_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Rendahnya pemahaman konsep sosiologi siswa disebabkan oleh berbagai
faktor, salah satunya pelaksanaan pembelajaran yang kurang baik dan tepat. Salah
satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar sosiologi adalah
melalui pembelajaran kooperatif tipe Team Accelarated Instruction. Pembelajaran ini
menuntut siswa untuk bisa belajar secara individu dan membantu teman
sekelompoknya untuk dapat memahami proses pembelajaran yang sedang dipelajari.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif
learning Tipe Team Accelarated Instruction terhadap hasil belajar sosiologi siswa.
Hipotesis yang digunakan adalah pemahaman. Penelitian ini adalah penelitian
eksperimen dengan rancangan penelitian control group pretest- post test. Populasi
dalam penelitian ini adalah kelas XI SMA N 16 Padang yang terdaftar pada tahun
pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dengan teknik random, dimana sebagai
kelas kontrol adalah kelas XI3 dan kelas eksperimen kelas XI2.
Berdasarkan deskripsi data diketahui rata-rata pemahaman konsep sosiologi
pre tes kelas eksperimen adalah 65,23, sedangkan kelas kontrol adalah 61,81.
Sebelum dilakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan
homogenitas. Pada analisis normalitas pre tes kelas eksperimen terdapat Lhitung 0,087
dan Ltabel 0,135 (0,087 < 0,135), dan kelas kontrol Lhitung 0,128 dan Ltabel 0,135 (0,128
< 0,135), maka kesimpulannya data terdistribusi normal. Untuk uji homogenitas
Fhitung 1,25 dan Ftabel 2,11 (1,25 < 2,11), data pre test kelas eksperimen dan kontrol
homogen. Untuk uji t terdapat Thitung 1,24 dan Ttabel 2,03 (1,24<2,03), tidak terdapat
perbedaan kelas ekperimen dan kelas kontrol pada data pretes. Maka yang diolah
adalah data post tes.
Diketahui rata-rata pemahaman konsep sosiologi post test kelas eksperimen
adalah 83,57 dan kelas kontrol 72,5. Pengolahan data tes dilakukan dengan
menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji t. setelah dianalisis perhitungan uji
t
diperoleh Thitung 3,98 dengan taraf nyata 0,05 dan df 41 diperoleh Ttabel 2,03,
(3,98>2,03), hipotesis diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
model cooperative learning tipe team accelerated instruction terhadap hasil belajar
sosiologi terutama pada aspek pemahaman konsep.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 03:11 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 03:11 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15364 |