Kontribusi Pendidikan Karakter dan Disiplin Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata pelajaran Compact Cassette Recorder Kelas XI Teknik Audio Video (TAV) di SMKN 1 Batipuh

Wijaya, Sastra (2014) Kontribusi Pendidikan Karakter dan Disiplin Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata pelajaran Compact Cassette Recorder Kelas XI Teknik Audio Video (TAV) di SMKN 1 Batipuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_SASTRA_WIJAYA_06212_3219_2014.pdf] Text
B1_5_SASTRA_WIJAYA_06212_3219_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi Permasalahan masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Compact Cassette Recorder Kelas XI Teknik Audio Video (TAV) di SMKN 1 Batipuh. KKM yang ditetapkan untuk mata pelajaran
Compact Cassette Recorder Kelas XI Teknik Audio Video (TAV) di SMKN 1 Batipuh adalah 75 dengan rentang nilai (0 - 100). Kenyataan dilapangan terlihat bahwa 30 % s iswa memperoleh nilai < 75 da n 70 % s iswa memperoleh nilai ≥ 75.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kontribusi pendidikan karakter dan disiplin siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran Compact Cassette Recorder
Kelas XI Teknik Audio Video (TAV) di SMKN 1 Batipuh. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Audio Video (TAV) berjumlah 47 orang dan sampel penelitian sebanyak 32 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan
secara acak (Simple random sampling). Data hasil belajar siswa diperoleh dari guru mata pelajaran Compact Cassette Recorder Kelas XI Teknik Audio Video (TAV) di SMKN 1 Batipuh. Sedangkan data pendidikan karakter dan disiplin
siswa dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data di analisis menggunakan metode statistik dengan bantuan software Microsoft Excel 2007 dan program spss 16. Hasil
analisis data menunjukkan: (1) Pendidikan Karakter memberikan kontribusi sebesar 23,7 % terhadap hasil belajar siswa Kelas XI Teknik Audio Video (TAV)di SMKN 1 Batipuh; (2) Disiplin siswa memberikan kontribusi sebesar 14,8 %
terhadap hasil belajar siswa Kelas XI Teknik Audio Video (TAV) di SMKN 1 Batipuh; (3) Pendidikan Karakter dan Disiplin siswa Kelas XI Teknik Audio Video (TAV) di SMKN 1 Batipuh secara bersama-sama memberikan kontribusi
sebesar 30,5 % terhadap hasil belajar siswa Kelas XI Teknik Audio Video (TAV) di SMKN 1 Batipuh. Jadi dapat disimpulkan bahwa Pendidikan karakter dan disiplin berkontribusi terhadap hasil belajar, semakin baik pendidikan karakter
siswa dalam proses belajar mengajar dan semakin baik Disiplin siswa, maka hasil belajar akan semakin tinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 14 Jul 2025 03:10
Last Modified: 14 Jul 2025 03:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15358

Actions (login required)

View Item
View Item