Ariyani, Sartika (2014) Motivasi Belajar dan Perhatian Orangtua Siswa yang Sering Absen. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_SARTIKA_ARIYANI_01328_4514_2014.pdf [thumbnail of B1_5_SARTIKA_ARIYANI_01328_4514_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_SARTIKA_ARIYANI_01328_4514_2014.pdf
Download (342kB)
Abstract
Motivasi belajar sangat dibutuhkan oleh siswa sebagai penggerak yang mendorongnya semangat belajar. Perhatian penuh dari orangtuanya akan meningkatkan motivasi belajar siswa. Melalui pemberian dukungan materi seperti
fasilitas, nasehat, serta bimbingan kepada anak, maka anak akan merasa diperhatikan oleh orangtua mereka sehingga anak akan semangat belajar.Kenyataannya sekarang ini sebagian siswa menunjukkan kurangnya motivasi belajar sehingga melemahkan semangat belajarnya. Orangtua sibuk bekerja maka
motivasi belajar anak menurun sehingga perkembangan prestasi belajar anak akan mengalami hambatan. Sedikit perhatian orangtua terhadap prestasi belajar anak
maka semakin rendah pula prestasi yang akan dicapai anak di sekolah. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan motivasi belajar dan perhatian orangtua siswa yang sering absen di SMP Negeri 3 Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan pendekataan studi kasus yang berguna untuk mengetahui dengan lebih mendalam dan terperinci tentang motivasi belajar dan perhatian orangtua siswa yang sering absen. Pemilihan informan menggunakan teknik bola salju (snowball sampling).Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Secara umum, analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah dengan mengumpulkan semua data yang diperlukan,kemudian data-data tersebut dianalisis secara naratif dengan cara mendeskripsikannya kemudian ditarik kesimpulan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kedua subyek penelitian ternyata memiliki motivasi belajar yang kurang terutama dalam hal semangat
belajar, perlengkapan belajar, dan waktu belajar; dan (2) orangtua subyek penelitian kurang memberikan perhatian yang dibutuhkan oleh subyek, meliputi:mengontrol waktu belajar anak, pengawasan, sarana yang menunjang proses belajar anak, suasana rumah yang nyaman untuk anak belajar, dan pemberian
penguatan dan penghargaan dalam kegiatan belajar anak. Berdasarkan temuan ini disarankan: (1) kedua subyek penelitian hendaknya dapat meningkatkan motivasi belajarnya terutama dalam hal semangat belajar, perlengkapan belajar, dan waktu belajar sehingga subyek memperoleh hasil belajar yang maksimal; dan (2) orangtua subyek penelitian hendaknya dapat memberikan perhatian yang cukup bagi subyek agar subyek dapat meningkatkan prestasi belajarnya yang meliputi
mengontrol waktu belajar anak, pengawasan, sarana yang menunjang proses belajar anak, suasana rumah yang nyaman untuk anak belajar, dan pemberian penguatan dan penghargaan dalam kegiatan belajar anak.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 03:10 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 03:10 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15356 |