Hendro, Seprino (2014) Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa setelah Melaksanakan Program Praktek Lapangan Kependidikan (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Sosiologi Angkatan 2009). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_SEPRINO_HENDRO_13390_2796_2014.pdf [thumbnail of B1_4_SEPRINO_HENDRO_13390_2796_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_SEPRINO_HENDRO_13390_2796_2014.pdf
Download (4MB)
Abstract
Program Praktek Lapangan Kependidikan (PPLK) adalah kegiatan
akademik yang dilakukan mahasiswa program studi kependidikan (S1)
Universitas Negeri Padang. PPLK bertujuan untuk memberi pengalaman nyata
kepada mahasiswa agar dapat merasakan dan menjiwai tugas-tugas pendidik di
sekolah. Kenyataan yang penulis temukan selama melakukan penelitian bahwa
tidak semua mahasiswa yang telah melaksanakan PPLK belum menjiwai tugas
tugas sebagai seorang pendidik. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka yang
menjadi pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana minat menjadi guru
mahasiswa setelah melaksanakan program praktek lapangan kependidikan.
Tujuan penelitian ini adalah bertujuan untuk menjelaskan minat menjadi guru
pada mahasiswa setelah melaksanakan program praktek lapangan kependidikan.
Teori dalam penelitian ini adalah teori belajar Operant Conditioning oleh
B.F. Skinner. Asumsi teori ini bahwa perilaku terhadap lingkungan tanpa adanya
stimulus-stimulus tak terkondisi apa pun. Studi Skinner terpusat pada hubungan
antara perilaku dan konsekuensi-konsekuensinya. Misalnya bila seseorang segera
diikuti oleh konsekuensi-konsekuensinya yang menyenangkan, orang itu akan
terlibat dalam perilaku itu kerap kali. Mahasiswa PPLK dalam melaksanakan
kegiatan PPLK berkaitan dengan perubahan perilaku dari lingkungan-lingkungan
yang dilalui selama melaksanakan PPLK. Adanya lingkungan yang
mempengaruhi sehingga mengubah perilaku setelah melaksanakan kegiatan
PPLK tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian
studi kasus intrinsik. Informan penelitian ini berjumlah 30 orang. Teknik
pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan
data dilakukan dengan cara observasi partisipasi, wawancara mendalam, peneliti
melakukan triangulasi data. Analisis dalam penelitian ini menggunakan model
interakif yang dikembangkan oleh Mathew Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat mahasiswa setelah
melaksanakan PPLK terbagi atas dua yaitu: Pertama, Peningkatan minat melalui
(1) Pengenalan Karakter, (2) Penghargaan, (3) Komunikasi, (4) Penampilan.
Kedua, Penurunan minat melalui (1) Tanggung Jawab Pendidik, (2) Perilaku
Siswa, (3) Evaluasi pembelajaran, (4) Profesi Lain.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 03:10 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 03:10 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15355 |