Setiadi, Septania Caesaria (2020) Sistem Pengawasan dalam Pelaksanaan Program Pendidikan Karakter melalui Boarding School di SMA 3 Painan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_SEPTANIA_CAESARIA_SETIADI_15052118_182_2020.pdf [thumbnail of B1_4_SEPTANIA_CAESARIA_SETIADI_15052118_182_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
B1_4_SEPTANIA_CAESARIA_SETIADI_15052118_182_2020.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pelaksanaan dalam 
program pendidikan karakter melalui Boarding School di SMA 3 Painan, serta 
mengidentifikasi bentuk pengawasan dalam pelaksanaan program pendidikan 
karakter di SMA 3 Painan.  
Jenis penelitian kualitatif metode deskriptif. Penyajian data diuraikan dalam 
bentuk uraian deskripsi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, 
wawancara dan studi dokumentasi. Informan penelitian ini yaitu Kepala asrama, 
Pembina asrama Putra dan Putri, Peserta didik, Orang tua siswa dan masyarakat 
serta petugas kantin dan petugas kebersihan. Teknik analisis data dilakukan 
dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan 
kesimpulan. Adapun validasi data menggunakan triangulasi sumber dan 
triangulasi metode. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pelaksanaan program 
pendidikan karakter SMA N 3 Painan secara keseluruhan sudah terlaksana dengan 
baik yang mempunyai beberapa program pendidikan karakter yaitu  program 
Sholat fardhu berjamaah, Program Sholat Tahajud, Program Tadarus Qur‟an, 
Program Muhadarah, Program Forum Annisa dan Program Sahabat Taklim, di 
dalam pelaksanaannya program tersebut menggunakan metode pembiasaan, 
metode nasehat/motivasi, metode pengawasan/perhatian dan metode peraturan/ 
sanksi. Namun bentuk pengawasan dalam pelaksanaan pendidikan karakter 
melalui Boarding School tersebut dikatakan belum maksimal yaitu kurangnya 
pengawasan dan rasa tanggung jawab sebagian pengurus sebagai pembina di 
asrama serta kurangnya jumlah tenaga pendidik di asrama yang mengakibatkan 
sulit dalam memaksimalkan pengawasan. Untuk itu, diharapkan dinas terkait 
terutama pihak asrama dapat melakukan pengawasan semaksimal mungkin karena 
dengan anak di asramakan seharusnya dengan mudah dapat melakukan 
pengawasan yang maksimal karena anak telah dibina dan telah dikontrol selama 
24 Jam penuh.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S1 | 
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos | 
| Date Deposited: | 14 Jul 2025 03:10 | 
| Last Modified: | 14 Jul 2025 03:10 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15353 | 
 
         