Sistem Pengawasan dalam Pelaksanaan Program Pendidikan Karakter melalui Boarding School di SMA 3 Painan

Setiadi, Septania Caesaria (2020) Sistem Pengawasan dalam Pelaksanaan Program Pendidikan Karakter melalui Boarding School di SMA 3 Painan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_SEPTANIA_CAESARIA_SETIADI_15052118_182_2020.pdf] Text
B1_4_SEPTANIA_CAESARIA_SETIADI_15052118_182_2020.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pelaksanaan dalam
program pendidikan karakter melalui Boarding School di SMA 3 Painan, serta
mengidentifikasi bentuk pengawasan dalam pelaksanaan program pendidikan
karakter di SMA 3 Painan.
Jenis penelitian kualitatif metode deskriptif. Penyajian data diuraikan dalam
bentuk uraian deskripsi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi,
wawancara dan studi dokumentasi. Informan penelitian ini yaitu Kepala asrama,
Pembina asrama Putra dan Putri, Peserta didik, Orang tua siswa dan masyarakat
serta petugas kantin dan petugas kebersihan. Teknik analisis data dilakukan
dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan
kesimpulan. Adapun validasi data menggunakan triangulasi sumber dan
triangulasi metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pelaksanaan program
pendidikan karakter SMA N 3 Painan secara keseluruhan sudah terlaksana dengan
baik yang mempunyai beberapa program pendidikan karakter yaitu program
Sholat fardhu berjamaah, Program Sholat Tahajud, Program Tadarus Qur‟an,
Program Muhadarah, Program Forum Annisa dan Program Sahabat Taklim, di
dalam pelaksanaannya program tersebut menggunakan metode pembiasaan,
metode nasehat/motivasi, metode pengawasan/perhatian dan metode peraturan/
sanksi. Namun bentuk pengawasan dalam pelaksanaan pendidikan karakter
melalui Boarding School tersebut dikatakan belum maksimal yaitu kurangnya
pengawasan dan rasa tanggung jawab sebagian pengurus sebagai pembina di
asrama serta kurangnya jumlah tenaga pendidik di asrama yang mengakibatkan
sulit dalam memaksimalkan pengawasan. Untuk itu, diharapkan dinas terkait
terutama pihak asrama dapat melakukan pengawasan semaksimal mungkin karena
dengan anak di asramakan seharusnya dengan mudah dapat melakukan
pengawasan yang maksimal karena anak telah dibina dan telah dikontrol selama
24 Jam penuh.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 14 Jul 2025 03:10
Last Modified: 14 Jul 2025 03:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15353

Actions (login required)

View Item
View Item