Kontribusi Persepsi tentang Kemampuan Mengajar Mahasiswa PPLK dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Instalasi Sound System Kelas X TAV di SMKN 2 Payakumbuh

Anori, Sartika (2012) Kontribusi Persepsi tentang Kemampuan Mengajar Mahasiswa PPLK dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Instalasi Sound System Kelas X TAV di SMKN 2 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_SARTIKA ANORI_02720.pdf] Text
B1_5_SARTIKA ANORI_02720.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya hasil pengalaman mahasiswa PPLK teknik elektronika, dari hasil observasi menunjukkan terdapat 21,73% siswa yang tidak mengerjakan tugasnya sesuai dengan waktu yang ditentukan. Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan kontribusi persepsi siswa tentang kemampuan mengajar mahasiswa PPLK teknik elektronika dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran instalasi sound system kelas X TAV SMKN 2 Payakumbuh. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah 1) terdapat kontribusi persepsi siswa tentang kemampuan mengajar mahasiswa PPLK teknik elektronika terhadap hasil belajar , 2) terdapat kontribusi motivasi
belajar terhadap hasil belajar, 3) terdapat kontribusi persepsi siswa tentang kemampuan mengajar mahasiswa PPLK teknik elektronikaterhadap motivasi
belajar siswa. Penelitian ini melibatkan 40 responden siswa jurusan TAV SMKN 2 Payakumbuh. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan tekniksimple random sampling. Data hasil belajar diperoleh dari guru mata pelajaran Instalasi Sound
system, data ini merupakan cerminan hasil belajar dalam mata pelajaran Instalasi Sound system. Sedangkan data persepsi siswa tentang kemampuan mengajar mahasiswa PPLK teknik elektronika dan motivasi belajar dikumpulkan melalui
angket dengan menggunakan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian data dianalisis menggunakan metode statistik untuk analisis korelasi.
Hasil analisis data menunjukkan : 1) Persepsi siswa tentang kemampuan mengajar mahasiswa PPLK teknik elektronika memberikan kontribusi sebesar 32,88% terhadap hasil belajar siswa, 2) Motivasi Belajar siswa memberikan
kontribusi sebesar 44,5% terhadap hasil belajar siswa, 3) Persepsi siswa tentang kemampuan mengajar mahasiswa PPLK teknik elektronika memberikan kontribusi
sebesar 29,6% terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran instalasi sound system jurusan TAV SMKN 2 Payakumbuh. Hal ini berarti bahwa secara umum jika persepsi siswa tentang kemampuan mengajar mahasiswa PPLK teknik
elektronika baik dan motivasi belajar baik maka hasil belajar siswapun akan baik pula, sementara itu jika persepsi siswa tentang kemampuan mengajar mahasiswa
PPLK baik maka akan meningkatkan motivasi siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 14 Jul 2025 03:09
Last Modified: 14 Jul 2025 03:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15350

Actions (login required)

View Item
View Item