Perbandingan Metode Think-Pair- Share dengan Metode Ceramah terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Instalasi Perangkat Jaringan Lan Jurusan TKJ Kelas I SMK N 5 Padang

Utami, Sari (2014) Perbandingan Metode Think-Pair- Share dengan Metode Ceramah terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Instalasi Perangkat Jaringan Lan Jurusan TKJ Kelas I SMK N 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_SARI_UTAMI_1207570_5468_2014.pdf] Text
B1_5_SARI_UTAMI_1207570_5468_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran pada jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK N 5 Padang menerapkan model pembelajaran langsung yang bersifat apresiatif dan menggunakan metode ceramah sesuai dengan materi ajarnya, namun siswa yang mengikuti pembelajaran belum memiliki motivasi yang tinggi dan hasil belajar masih dibawah standar KKM. Untuk itu, diperlukan sebuah model pembelajaran agar siswa terlibat aktif serta mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu cara yang tepat adalah dengan menerapkan metode Think-Pair-Share (TPS). Melihat gejala tersebut maka dapat dirumuskan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh yang
positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan metode TPS. Hipotesis penelitian adalah terdapat pengaruh metode TPS terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen untuk melihat pengaruh hasil belajar siswa menggunakan metode TPS dengan metode ceramah. Populasi penelitian adalah siswa kelas 1 SMK N 5 Padang tahun ajaran 2013/2014 dan
teknik penentuan sampel adalah purposive sampling sehingga yang menjadi sampel adalah kelas 1TKJ1A menggunakan metode ceramah sebagai kelas kontrol dan 1TKJ1B menggunakan metode TPS sebagai kelompok eksperimen. Dari hasil penelitian terlihat bahwa adanya perbandingan pengaruh hasil
belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan persentase sebesar 49,29% menggunakan metode TPS dan 33,33% menggunakan metode ceramah.Dari hasil uji hipotesis didapatkan bahwa nilai t hitung berada diluar daerah
penerimaan H. Ini berarti pada taraf nyata, penelitian memperlihatkan bahwa,terdapat pengaruh hasil belajar yang signifikan antara penggunaan metode TPS dengan metode ceramah pada mata pelajaran Instalasi Perangkat Jaringan LAN
o kelas I di SMK N 5 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 14 Jul 2025 03:09
Last Modified: 14 Jul 2025 07:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15346

Actions (login required)

View Item
View Item