Syafitri, Sari (2015) Pengaruh Penggunaan LKS Berorientasi Pendekatan Saintifik dalam Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika di Kelas X MIA SMAN 1 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_SARI_SYAFITRI_18414_6102_2015.pdf [thumbnail of B1_5_SARI_SYAFITRI_18414_6102_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_SARI_SYAFITRI_18414_6102_2015.pdf
Download (4MB)
Abstract
Hasil belajar siswa akan optimal apabila siswa menggunakan bahan ajar yang dapat membantu mereka menemukan konsep secara mandiri. Salah satu bahan ajar yang dapat membantu siswa adalah LKS berorientasi pendekatan saintifik yang digunakan dalam model problem based learning. Berdasarkan
kondisi di atas telah dilakukan penelitian yang bertujuan meneliti pengaruh LKS berorientasi pendekatan saintifik dalam model Problem Based Learning terhadap hasil belajar Fisika di Kelas X MIA SMAN 1 Padang Panjang.
Penelitian eksperimen semu ini menggunakan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X MIA SMAN 1 Padang Panjang yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian adalah
lembaran soal objektif untuk mendapatkan data kompetensi pengetahuan, lembaran observasi untuk mendapatkan data kompetensi sikap, dan lembaran penilaian unjuk kerja untuk mendapatkan data kompetensi keterampilan. Hipotesis
kerja yang berbunyi terdapat pengaruh berarti penggunaan LKS berorientasi pendekatan saintifik dalam model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa Fisika kelas X MIA SMAN 1 Padang Panjang diuji dengan menggunakan uji Chi Kuadrat. Berdasarkan penelitian, didapatkan hasil sebagai berikut: 1) jumlah siswa yang tuntas kompetensi pengetahuan pada kelas eksperimen yaitu 24 orang, lebih tinggi dari pada kelas kontrol yaitu 15 orang; 2) jumlah siswa yang tuntas
kompetensi sikap pada kelas eksperimen yaitu 29 orang, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu, 26 orang; 3) jumlah siswa yang tuntas pada kompetensi keterampilan pada kelas eksperimen 29 orang, lebih tinggi dibandingkan kelas
kontrol yaitu, 22 orang. Kriteria penerimaan H
o, yaitu χ 2hitung ≤ χ 2(1-α)(1),setelah dilakukan uji Chi Kuadrat dengan taraf nyata 0,05 dan derajat kebebasan 1
harga t tabel untuk semua kompetensi adalah 3,84; t
hitung kompetensi pengetahuan sebesar 3,85; thitung
kompetensi sikap sebesar 0,22; t hitung kompetensi keterampilan sebesar 3,19. Hasil ini disimpulkan bahwa terdapat pengaruh berarti LKS berorientasi saintifik dalam model pembelajaran Problem Based Learning pada kompetensi pengetahuan siswa dan tidak terdapat pengaruh berarti LKS
berorientasi saintifik dalam model pembelajaran Problem Based Learning pada kompetensi sikap dan keterampilan siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 03:08 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 03:08 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15345 |