Aprisilia, Sani (2019) Pembuatan Asesmen Autentik Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Materi Momentum, Impuls dan Gerak Harmonik Sederhana Untuk SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_SANI_APRISILIA_15033016_3727_2019.pdf [thumbnail of B1_5_SANI_APRISILIA_15033016_3727_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_SANI_APRISILIA_15033016_3727_2019.pdf
Download (6MB)
Abstract
Mengimplementasikan konsep yang dipelajari dalam menghadapifenomena di kehidupan sehari-hari merupakan tuntutan dari pelaksanaan kurikulum 2013. Hal ini berkaitan erat dengan hakikat ilmu fisika yang terdiri dari susunan
pengetahuan yang kaya akan konsep dan memerlukan pemahaman dasar. Pemahaman dasar inilah yang menjadi alasan mengapa guru harus memastikan kesiapan peserta didik dengan menggali pengetahuan awal peserta didik sebelum mengajarkan suatu konsep. Akan tetapi, tingkat inteligensi yang beragam
memerlukan adanya keselarasan dalam pembelajaran menjadi alasan mengapasebuah model pembelajaran penting untuk diterapkan. Hasil observasimenunjukkan bahwa peserta didik belajar dengan buku yang ada di perpustakaan
dengan jumlah yang tidak memadai. Selain itu belum terdapat penggunaan asesmen di kelas. Belum adanya penerapan asesmen di sekolah yang diobservasi oleh peneliti, menjadi alasan penelitian ini dilaksanakan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang berfokus padapembuatan produk lembar kegiatan asesmen autentik dengan mengikuti langkah
pembuatan asesmen autentik dari O’Malley. Tujuan penelit ian ini adalah menentukan nilai validitas produk asesmen autentik melalui tahap validasi. Validasidilakukan sebanyak dua kali dengan tujuan meminimalisir kekurangan dalampembuatan asesmen serta untuk mencapai skor validitas yang tinggi. Hasil validasidianalisis dengan metode analisis skala likert, dimana seluruh skor dihitung dan
dirata-ratakan kemudian ditentukan kriteria validitas berdasarkan pada skala yangada pada tabel skala likert.
Penelitian ini menghasilkan produk berupa lembar kegiatan asesmen autentik dengan pencapaian nilai validasi pertama 80,12 dan validasi keduamenghasilkan nilai validitas 86,57 dimana kedua hasil validasi berada pada kategorisangat valid.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 03:08 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 03:08 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15344 |