Penggunaan Tunjangan Profesi oleh Guru Sertifikasi di SMA Negeri 1 Lubuk Sikaping

Yulisa, Septia (2013) Penggunaan Tunjangan Profesi oleh Guru Sertifikasi di SMA Negeri 1 Lubuk Sikaping. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_SEPTIA_YULISA_84802_3057_2013.pdf] Text
B1_4_SEPTIA_YULISA_84802_3057_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tunjangan profesi adalah tunjangan yang diberikan kepada guru yang
memiliki sertifikat pendidik sebagai penghargaan atas profesionalitasnya.
Tunjangan tersebut diharapkan dapat meningkatkan mutu guru. Peningkatan mutu
guru melalui sertifikasi merupakan upaya peningkatan mutu pendidikan.
Rasionalnya adalah apabila kompetensi guru bagus dan diikuti dengan
penghasilan bagus, diharapkan kinerjanya juga bagus. Apabila kinerja bagus maka
kegiatan belajar mengajar juga bagus. Tunjangan profesi tersebut seharusnya
digunakan untuk meningkatkan mutu dan profesionalitas guru. Berdasarkan hal
itu maka timbul pertanyaan bagaimana penggunaan tunjangan profesi oleh guru
sertifikasi di SMA Negeri 1 Lubuk Sikaping. Untuk mengetahuinya perlu
dilakukan penelitian tentang penggunaan tunjangan profesi oleh guru sertifikasi di
SMA Negeri 1 Lubuk Sikaping.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk penggunaan tunjangan
profesi oleh guru sertifikasi di SMA Negeri 1 Lubuk Sikaping. Penelitian ini
menggunakan teori Aksi oleh Talcott Parsons. Asumsi dasar teori Talcott Parsons
adalah individu melakukan penafsiran pada objek atau situasi. Skema unit-unit
dasar tindakan sosial menurut Parsons dengan karakteristik sebagai berikut: (1)
Adanya individu sebagai aktor; (2) Aktor dipandang sebagai pemburu tujuan
tujuan tertentu; (3) Aktor mempunyai alternatif cara, alat serta teknik untuk
mencapai tujuan; (4) Aktor berada di bawah kendala dan nilai-nilai, norma-norma
dan berbagai ide abstrak yang mempengaruhinya dalam memilih dan menentukan
tujuan serta tindakan alternatif untuk mencapai tujuan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus.
Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan jumlah
informan 36 orang. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa
observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data dilakukan
trianggulasi data. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif
dari Milles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data
dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa penggunaan tunjangan profesi
oleh guru sertifikasi di SMA Negeri 1 Lubuk Sikaping antara lain adalah untuk
membeli buku ajar, untuk membiayai pendidikan anak, untuk membangun rumah,
untuk membeli alat-alat mengajar, untuk menunaikan ibadah haji dan umroh,
untuk modal usaha dan untuk melanjutkan pendidikan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 14 Jul 2025 03:07
Last Modified: 14 Jul 2025 03:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15337

Actions (login required)

View Item
View Item