Yenita, Hendra (2011) Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Diskusi Kelompok Diikuti Speed Test pada Pembelajaran Sains Fisika di SMK Negeri Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_HENDRA_YENITA_07993_3194_2015.pdf [thumbnail of B1_5_HENDRA_YENITA_07993_3194_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_HENDRA_YENITA_07993_3194_2015.pdf
Download (3MB)
Abstract
Rendahnya aktivitas dan aktivitas dan hasil belajar fisika di SMK Negeri 2
Payakumbuh disebabkan karena kurangnya interaksi antara siswa dengan guru
sehingga proses pembelajaran tidak berjalan secara efektif dan efesien, sehingga
diskusi kelompok kurang melibatkan siswa secara langsung dalam mengembangkan
pendapatnya dalam forum diskusi. Penggunaan diskusi kelompok dalam proses
pembelajaran tidak diikuti Speed test pada pembelajaran sains fisika sehingga hasil
belajar siswa rendah. Diskusi kelompok diikuti speed test pada pembelajaran sains
fisika merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk mengatasi
permasalahan tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dilakukan dengan
tujuan untuk mengetahui penggunaan metode diskusi kelompok diikuti dengan speed
test pada pembelajaran sains fisika dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa di kelas X T. LAS 2 di SMK Negeri 2 Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing
siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan
refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X T. LAS 2 di SMK Negeri 2
Payakumbuh yang berjumlah 30 orang dan objek penelitiannya adalah mata
pelajaran fisika pada materi pokok implus dan momentum serta alat pengumpulan
data adalah observasi dan soal-soal tes akhir siklus yang dilaksanakan pada siswa.
Berdasarkan analisis data diperoleh aktivitas yang dilakukan siswa terjadi
peningkatan aktivitas positif belajar siswa pada siklus kedua dibandingkan siklus
pertama, sedangkan aktivitas negatif mengalami penurunan pada siklus kedua dan
hasil belajar yang didapat dari pelaksanaan pada siklus kedua (86%) meningkat
dibandingkan siklus pertama (65%). Tindakan kelas yang dilakukan melalui dua
siklus dapat disimpulkan bahwa penggunaan diskusi kelompok diikuti speed test
pada pembelajaran fisika dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di
kelas X T. LAS 2 di SMK Negeri 2 Payakumbuh.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 08:20 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 08:20 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15326 |