Yumna, Hayyu (2016) Pengaruh LKS Terintegrasi Materi Energi Hidro terhadap Pencapaian Kompetensi Fisika dalam Pembelajaran 3C3R PBL pada Materi Usaha, Energi, Momentum, dan Impuls di Kelas XI SMAN 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_HAYYU_YOMNA_120112_1764_2016.pdf [thumbnail of B1_5_HAYYU_YOMNA_120112_1764_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_HAYYU_YOMNA_120112_1764_2016.pdf
Download (5MB)
Abstract
Pembelajaran diharapkan dapat mewujudkan siswa yang memiliki pencapaian kompetensi yang baik dan seimbang serta dapat menggunakan model dan sumber belajar yang disesuaikan dengan karakteristik siswa. Namun, kenyataan yang ditemukan seperti: pemberian masalah yang dekat dengan siswa dalam pembelajaran belum maksimal, penggunaan LKS belum maksimal, sikap hemat energi pada siswa masih kurang, dan kegiatan praktikum masih jarang dilakukan, memberikan dampak pada pencapaian kompetensi fisika siswa yang rendah. Usaha untuk mengatasi hal tersebut adalah menggunakan LKS terintegrasi materi energi hidro berbantuan pembelajaran 3C3R PBL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan kontribusi LKS terintegrasi materi energi hidro serta pengaruh model 3C3R PBL terhadap pencapaian kompetensi fisika.
Jenis penelitian adalah Quasi Eksperiment Research dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi dari penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMAN 1 Padang yang terdaftar pada semester 1 tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian adalah kelas XI MIA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Data penelitian berupa data kompetensi fisika dan nilai LKS terintegrasi materi energi hidro. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, penilaian diri, dan penilaian teman sejawat untuk kompetensi sikap, soal uraian untuk kompetensi pengetahuan, dan rubrik penskoran untuk kompetensi keterampilan. Analisis data menggunakan uji kesamaan dua rata-rata, uji regresi linear, dan uji korelasi.
Hasil penelitian menunjukkan pencapaian kompetensi fisika kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Uji statistik menunjukkan nilai thitung sebesar 5,07 untuk kompetensi sikap, 2,55 untuk kompetensi pengetahuan, 2,11 untuk kompetensi keterampilan, dan kontribusi LKS terintegrasi materi energi hidro sebesar 38,64% untuk kompetensi sikap, 91,37% untuk kompetensi pengetahuan, 91,01% untuk kompetensi keterampilan, serta thitung sebesar 2,77 untuk keadaan sebelum dan sesudah menggunakan model 3C3R PBL sedangkan ttabel sebesar 1,67. Kesimpulan penelitian adalah hipotesis yang menyatakan bahwa: 1) terdapat pengaruh LKS terintegrasi materi energi hidro terhadap pencapaian kompetensi fisika dalam pembelajaran 3C3R PBL pada materi usaha, energi, momentum dan impuls di kelas XI SMAN 1 Padang, 2) terdapat kontribusi LKS terintegrasi materi energi hidro terhadap pencapaian kompetensi fisika dalam pembelajaran 3C3R PBL pada materi usaha, energi, momentum dan impuls di kelas XI SMAN 1 Padang, dan 3) terdapat pengaruh model 3C3R PBL terhadap pencapaian kompetensi pengetahuan dalam pembelajaran 3C3R PBL pada materi usaha, energi, momentum dan impuls di kelas XI SMAN 1 Padang, dapat diterima pada taraf nyata 0,05.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PENCAPAIAN KOMPETENSI FISIKA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 07:23 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 07:23 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15312 |