Indriati, Sandra Septia (2021) Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Peningkatan Kemampuan Kognitif Siswa Fisika SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_SANDRA_SEPTIA_INDRIATI_17033039_3619_2022.pdf [thumbnail of B1_5_SANDRA_SEPTIA_INDRIATI_17033039_3619_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_SANDRA_SEPTIA_INDRIATI_17033039_3619_2022.pdf
Download (1MB)
Abstract
Model Pembelajaran inkuiri terbimbing merupakan model pembelajaran yang telah banyak dilakukan oleh peneliti sebelumnya. Dari sekian banyaknya peneliti-peneliti
yang melakukan penelitian tentang model pembelajaran inkuiri terbimbing belum ada kajian secara menyeluruh mengenai pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing
terhadap peningkatan kemampuan kognitif siswa fisika SMA, berdasarkan model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, materi pembelajaran. Namun,dari Hasil-hasil pada peneitian sebelumnya mampu menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan kognitif siswa. Maka dari itu, penelitian kali ini akan menggunakan
metode meta analisis. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian meta analisis. Meta analisis
merupakan teknik statistic yang berupa gabungan dua atau lebih penelitian yang sejenis sehingga didapatkan paduan data secara kuantitatif. Melalui beberapa Langkah-langkah
meta analisis yaitu menentukan tema penelitian, memilih jenis publikasi, mengumpulkan hasil penelitian atau literature, mencatat data-data penelitian, menghitung ukuran efek per seumber atau penelitian dan menginterpretasikan rangkuman dan membuat laporan. Dari hasil meta analisis yang dilakukan dapat dinyatakan tiga hasil penelitian.
Pertama, pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing memberikan pengaruh yang signifikan pada kemampuan kognitif yaitu pada kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep dengan ES 1.199 dan ES 0.653. Kedua, pengaruh model
pembelajaran inkuiri terbimbing yang memberikan pengaruh paling tinggi pada unit materi usaha dan energi dengan ES 1.940. Ketiga, pengaruh model pembelajaran inkuiri
terbimbing berdasarkan media pembelajaran berdasarkan media pembelaaran yang sangat berpengaruh terhadap kemampuan kognitif siswa yaitu media software tracker dengan
ES 1.735.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 07:23 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 07:23 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15311 |