Hubungan Penyesuaian Diri terhadap Pembelajaran Daring dengan Stres Akademik Siswa

Arsih, Salsabila (2022) Hubungan Penyesuaian Diri terhadap Pembelajaran Daring dengan Stres Akademik Siswa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_SALSABILA_ARSIH_17006030_2846_2022.pdf] Text
B1_5_SALSABILA_ARSIH_17006030_2846_2022.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan menyesuaikan diri dalam pembelajaran daring menjadi hal dasar mencapai keberhasilan akademik. Ketidakmampuan menyesuaikan diri menyebabkan munculnya stres akademik terhadap pembelajaran daring.Penyesuaian diri penting dilakukan agar mampu menguasai tuntutan akademik
dengan optimal. Perubahan sistem pembelajaran serta tuntutan akademik yang melebihi kemampuan diri maupun terlampau berat menimbulkan tekanan sehingga memicu stres akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1)
penyesuaian diri terhadap pembelajaran daring, (2) stres akademik (3) menguji dan menganalisis hubungan penyesuaian diri terhadap pembelajaran daring dengan stres akademik siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Penelitian ini memiliki populasi sebanyak 523 siswa yang berada di kelas VII, VIII, dan IX SMPN 1 Teluk
Kuantan dengan sampel sebanyak 227 siswa yang dipilih secara Proportional Random Sampling. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner penyesuaian diri dan stres akademik dengan menggunakan skala model Likert. Data dianalisis
dengan teknik statistik deskriptif dan teknik korelasional Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penyesuaian diri terhadap pembelajaran daring pada umumnya berada pada kurang baik, (2) stres akademik
siswa pada umumnya berada pada kategori rendah, (3) terdapat hubungan negatif yang signifikan antara penyesuaian diri terhadap pembelajaran daring dengan stres akademik siswa dengan koefisien korelasi -0,264 dan taraf siginifikansi 0,000, (4) Implikasi penelitian ini bagi Bimbingan dan Konseling dapat dilakukan dengan pemberian layanan informasi, layanan konseling individual dan layanan
bimbingan kelompok dengan topik: (a) kiat komunikasi yang baik, (b) pentingnya sikap optimis dalam belajar, (c) cara mengelola emosi negatif, (d) manfaat belajar kelompok, (e) kebiasaan belajar yang baik dan kiat membaca buku efektif.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 11 Jul 2025 02:38
Last Modified: 11 Jul 2025 02:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15306

Actions (login required)

View Item
View Item