Pengaruh Media Sirkuit Pintar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Zona, Rifa Amri (2019) Pengaruh Media Sirkuit Pintar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_RIFA_AMRI_ZONA_17124054_4069_2019.pdf] Text
B1_1_RIFA_AMRI_ZONA_17124054_4069_2019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Motivasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran matematika masih rendah. Hal ini terjadi karena pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan masih berpusat pada guru. Siswa cenderung pasif dan kurang termotivasi dalam belajar. Media pembelajaran yang digunakan kurang menarik dan kurang mengajak siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran. Hal ini berpengaruh pada hasil belajar matematika siswa yang masih sangat rendah. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan media pembelajaran Sirkuit Pintar. Penggunaan media pembelajaran Sirkuit Pintar ini dapat mendorong siswa untuk terlibat aktif dalam kelompoknya. Selain itu, media Sirkuit Pintar dapat membantu siswa dalam memahami rumus-rumus matematika.Tujuan dari penggunaan media ini adalah untuk memfasilitasi anak yang suka bermain tetapi permainan yang dilakukan masih dalam kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen Design. Rancangan penelitian yang digunakan adalah The Static Comparison: Randomized ControlGroup Only Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 06 Sirukam dan siswa kelas IV SDN 05 Sirukam Kecamatan Payung Sekaki Kabupaten Solok. Data penelitian diperoleh dari tes dan angket. Analisis data menggunakan uji t dananova dua arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)hasil belajar siswa menggunakan media Sirkuit Pintar lebih baik dari pada pembelajaran konvensional, 2) hasil belajar siswa yang memiliki motivasi tinggi menggunakan media Sirkuit Pintar lebih baik daripada pembelajaran konvensional, 3) hasil belajar siswa yang memiliki motivasi rendah menggunakan media Sirkuit Pintar lebih baik dari pada pembelajaran konvensional, dan 4) terdapat interaksi antara media Sirkuit Pintar dan motivasi terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Media Sirkuit Pintar; Motivasi; Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Wiwi Sartika S.Sos
Date Deposited: 21 Jan 2025 03:35
Last Modified: 21 Jan 2025 03:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/153

Actions (login required)

View Item
View Item