Pengaruh Penggunaan Movdul Kontekstual terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa dalam Pembelajaran Kooperatif di Kelas X SMAN 3 Padang.

Hasweldi, Hasweldi (2011) Pengaruh Penggunaan Movdul Kontekstual terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa dalam Pembelajaran Kooperatif di Kelas X SMAN 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_HASWELDI_48392_6321_2013.pdf] Text
B1_5_HASWELDI_48392_6321_2013.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemberian modul kontekstual dalam pembelajaran memberikan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan tidak menggunakan modul dalam pembelajaran Fisika untuk konsep dinamika partikel di kelas X SMAN 3 Padang.
Jenis penelitian ini termasuk penelitian pra eksperimental dengan rancangan randomized control group only design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 3 Padang tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 9 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling, kelas yang terpilih menjadi kelas sampel adalah kelas X6 dan X7. Instrumen yang digunakan untuk pengumpul data berupa tes pencapaian hasil belajar siswa untuk aspek kognitif yang sebelum digunakan telah diuji coba dan memenuhi persyaratan validitas dan reliabilitas dengan R11 = 0,78. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata yaitu uji t pada taraf nyata 0,05.
Berdasarkan hasil penelitan diperoleh hasil belajar rata-rata kelas eksperimen 64,95 dan hasil belajar kelas kontrol 60,65. Setelah dilakukan uji t diperoleh th = 2,3 dan tt = 1,99 (th > tt). Hal ini menunjukkan bahwa Hi diterima yaitu terdapat perbedaan yang berarti hasil belajar siswa antara yang menggunakan modul kontekstual dengan yang tidak menggunakan modul dalam pembelajaran fisika di kelas X SMAN 3 Padang pada taraf nyata 0,05. Pada aspek afektif, terdapat peningkatan sikap siswa yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 10 Jul 2025 07:23
Last Modified: 10 Jul 2025 07:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15291

Actions (login required)

View Item
View Item