Karmila, Safira (2022) Pengaruh Pembelajaran Students Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_SAFIRA_KARMILA_18065047_8030_2022.pdf [thumbnail of B1_5_SAFIRA_KARMILA_18065047_8030_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_SAFIRA_KARMILA_18065047_8030_2022.pdf
Download (3MB)
Abstract
Berbagai permasalahan yang sering ditemukan pada dunia pendidikan salah satu nya yaitu hasil belajar siswa, karena hasil belajar memegang peranan penting untuk menilai kualitas pendidikan, maka dari itu untuk meningkatkan hasil belajar peneliti menerapkan model pembelajaran Students Teams Achievement Division (STAD), model pembelajaran ini dilakukan secara berkelompok atau berdiskusi,
dengan ini siswa akan cenderung lebih aktif berpendapat dan saling berkerja sama di dalam tim nya masing-masing. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui
pengaruh penerapan model pembelajaran Students Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil dari penelitian ini berdasarkan pembuktian hipotesis
dengan menggunakan uji T, diperoleh hasil perhitungan dua sisi sebesar 0,000 dengan taraf signifikan 0,005 artinya hasil analisis lebih kecil dari taraf signifikannya. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh dalam penerapan model
pembelajaran STAD, hal ini juga dapat dilihat dari rata-rata kedua kelas yaitu sebesar 84,24 pada kelas eksperimen dan sebanyak 58,68 pada kelas kontrol. Dari peerbedaan rata-rata tersebut jelas terlihat adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran STAD, sehingga hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 02:31 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 08:31 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15286 |