Perbedaan Motivasi Belajar Siswa Berdasarkan Tingkat Pendidikan Orangtua

Putri, Rycee Diana (2015) Perbedaan Motivasi Belajar Siswa Berdasarkan Tingkat Pendidikan Orangtua. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_RYCEE_DIANA_PUTRI_1100523_4911_2015.pdf] Text
B1_5_RYCEE_DIANA_PUTRI_1100523_4911_2015.pdf

Download (4MB)

Abstract

Keberhasilan siswa dalam belajar dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti keinginan untuk belajar, kebutuhan dalam belajar, harapan dan cita-cita,penghargaan yang di dapat dalam belajar, kegiatan yang menarik dalam belajar,
dan suasana dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah; (1) mendeskripsikan tingkat pendidikan orangtua siswa, (2) mendeskripsikan motivasi belajar siswa,dan (3) mengidentifikasi apakah terdapat perbedaan motivasi belajar siswa berdasarkan tingkat pendidikan orangtua.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan komparatif yang mengambarkan perbedaan motivasi belajar siswa berdasarkan tingkat pendidikan orangtua. Populasi penelitian berjumlah 365
orang siswa SMA Negeri 1 Matur yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015,dengan sampel berjumlah 71 orang, pemilihan sampel menggunakan teknik Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket. Data dianalisis dengan teknik persentase, dan melihat perbedaan motivasi belajar siswa berdasarkan tingkat pendidikan orangtua digunakan teknik Independent Sampel Test melalui program statistik SPSS for windows release 20. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pada umumnya tingkat pendidikan orangtua siswa berada pada kategori tinggi dan motivasi belajar siswa
pada umumnya berada pada ketegori tinggi. Dari hasil uji t terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa dengan tingkat pendidikan orangtua. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan kepada
beberapa pihak yaitu, (1) Kepada orangtua hendaknya dapat meningkatkan perhatian pada anak dalam belajar, mendampingi anak dalam belajar, menciptakan suasana yang hangat dan akrab, beragama dalam keluarga agar merangsang
motivasi belajar siswa, (2) Kepada guru Bimbingan dan Konseling/Konselor sekolah agar dapat membantu siswa meningkatkan motivasi dalam belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 10 Jul 2025 02:31
Last Modified: 10 Jul 2025 02:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15285

Actions (login required)

View Item
View Item