Pascamala, Genia (2016) Pengaruh Penerapan Pendekatan Problem Centered Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMPN 13 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_GENIA_PASCAMALA_96814_4346_2016.pdf [thumbnail of B1_01_GENIA_PASCAMALA_96814_4346_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_GENIA_PASCAMALA_96814_4346_2016.pdf
Download (8MB)
Abstract
Kemampuan pemahaman konsep matematis memiliki peran yang sangat
penting dan diperlukan dalam upaya pencapaian tujuan pembelajaran matematika.
Kemampuan pemahaman konsep tersebut harusnya dapat dikembangkan melalui
proses pembelajaran. Namun, pembelajaran matematika yang terjadi di kelas VII
SMPN 13 Padang Tahun Pelajaran 2014/2015 belum melibatkan siswa secara
optimal dalam proses penemuan konsep sehingga pemahaman konsep matematis
siswa belum berkembang dengan baik. Hal ini berdampak pada rendahnya
kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematis
siswa yang belajar dengan pendekatan Problem Centered Learning lebih baik dari
pada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar dengan
pembelajaran konvensional pada kelas VII SMPN 13 Padang.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan Static
Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII
SMPN 13 Padang. Penarikan sampel dilakukan secara acak dengan mengundi
kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.4 sebagai kelas
eksperimen dan siswa kelas VII.11 sebagai kelas kontrol. Pengambilan data
dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep matematika.
Data tes kemampuan pemahaman konsep matematika dianalisis menggunakan
uji-t.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan
pemahaman konsep matematis siswa yang belajar dengan pendekatan Problem
Centered Learning lebih baik dari pada kemampuan pemahaman konsep
matematis siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional pada kelas VII
SMPN 13 Padang dengan taraf nyata α = 0,05.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PROBLEM CENTERED LEARNING |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 12 Feb 2025 07:39 |
Last Modified: | 12 Feb 2025 07:39 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1528 |