Pendapat Siswa tentang Kompetensi Kepribadian Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor.

Asmira, Nur (2015) Pendapat Siswa tentang Kompetensi Kepribadian Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_NUR_ASMIRA_1105546_4572_2015.pdf] Text
B1_5_NUR_ASMIRA_1105546_4572_2015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari fenomena yang terjadi di lapangan bahwa adaguru bimbingan dan konseling/konselor kurang menampilkan kelembutan dalammenangani siswa dan kurang menampilkan kastabilan emosi dalam menanganisiswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pendapat siswa tentangkompetensi kepribadian guru bimbingan dan konseling/konselor dilihat dari aspek(1) menyayangi manusia, (2) komunikator yang terampil dan pendengar yangbaik, (3) respek, jujur, asli, menghargai, dan tidak menilai, (4) fasilitator danmotivator, (5) emosi stabil, pikiran jernih, cepat dan mampu.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalahsiswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 16 Padang dengan jumlah 509 siswa.Penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling diperoleh sampel 91siswa. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Data yang diperoleh dianalisisdengan menggunakan teknik persentase.Temuan penelitian adalah bahwa secara keseluruhan kompetensikepribadian guru bimbingan dan konseling/konselor berada pada persentase52,7% dengan kategori sangat baik. Melalui hasil penelitian ini, guru bimbingandan konseling/konselor diharapkan untuk mempertahankan kompetensikepribadian yang telah sangat baik tersebut dengan cara menyapa siswa denganperkataan yang lembut dan memberikan senyuman; mendengarkan cerita siswadan tidak memotong pembicaraan siswa; memberikan informasi yang dibutuhkansiswa; tidak mencap siswa dan sigap dalam menangani masalah siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KOMPETENSI KEPRIBADIAN,GURU BIMBINGAN DAN KONSELING, KONSELOR
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 09 Jul 2025 03:13
Last Modified: 09 Jul 2025 03:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15255

Actions (login required)

View Item
View Item