Hubungan Persepsi dengan Peranan Siswa dalam Pelaksanaan Program Kegiatan Pusat Informasi Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja di SMP N 2 Pariaman.

Desyolmita, Nunung (2013) Hubungan Persepsi dengan Peranan Siswa dalam Pelaksanaan Program Kegiatan Pusat Informasi Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja di SMP N 2 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_NUNUNG DESYOLMITA_04202_1766_2013.pdf] Text
B1_5_NUNUNG DESYOLMITA_04202_1766_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pusat informasi kesehatan reproduksi remaja merupakan salah satuprogram organisasi yang ada di sekolah dan dilaksanakan untuk mengentaskanpermasalahan yang dialami oleh siswa di sekolah, baik masalah pribadi, sosial dankesehatan reproduksi yang dialami. Fenomena yang terjadi di lapangan kegiatanPIK-KRR kurang mendapatkan sambutan dari siswa. Siswa memandang kegiatanPIK-KRR ini hanya membuang-buang waktu saja. Siswa juga kurangbersemangat mengikuti kegiatan ini karena padatnya jam pelajaran yang harusdiikuti serta materi yang diberikan membosankan. Penelitian ini bertujuanmengungkap bagaimana hubungan antara persepsi dengan peranan siswa dalampelaksanaan program PIK-KRR.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis korelasional.Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII dan IX SMP N 2 Pariaman sebanyak496 orang siswa dengan sampel 84 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yangdigunakan adalah Proportional Random Sampling. Data dikumpulkanmenggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus Pearson ProductMomentdengan bantuan program Statistical Product and Service Solution forwindows release17.0.Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa (1) persepsi siswa tentangpelaksanaan program kegiatan PIK-KRR berada pada kategori cukup denganpersentase 33,33%, (2) peranan siswa mengikuti kegiatan PIK-KRR berada padakategori cukup dengan persentase 40,47%. (3) terdapat hubungan yang signifikanantara persepsi dengan peranan siswa mengikuti kegiatan PIK-KRR denganpearson correlation sebesar 0,946 dan taraf signifikansi 0,000, dengan tingkathubungan kuat sekali.Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan kepada guru pembimbing agardapat memberikan pelayanan PIK-KRR lebih baik lagi kepada siswa, dandiharapkan kepada siswa agar dapat mengetahui dan memahami dirinya secarabenar dan positif serta menjaga kesehatan reproduksinya dengan baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KONSELING KESEHATAN, PERANAN SISWA,PUSAT INFORMASI
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 09 Jul 2025 03:12
Last Modified: 09 Jul 2025 03:12
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15251

Actions (login required)

View Item
View Item