Pengaruh Pendekatan Pictorial Riddle Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Menerapkan Teknik Pengambilan Gambar Produksi di Kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Ranah Pesisir

Hasrizal, Hasrizal (2014) Pengaruh Pendekatan Pictorial Riddle Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Menerapkan Teknik Pengambilan Gambar Produksi di Kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Ranah Pesisir. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_HASRIZAL_1207576_5657_2014.pdf] Text
B1_5_HASRIZAL_1207576_5657_2014.pdf

Download (911kB)

Abstract

Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya rata-rata hasil belajar peserta
didik pada mata pelajaran Menerapkan Teknik Pengambilan Gambar Produksi
yaitu di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan SMK
Negeri 1 Ranah Pesisir yaitu 70. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
adanya pengaruh penerapan Pendekatan Pictorial Riddle dengan pembelajaran
langsung terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Menerapkan Teknik
Pengambilan Gambar Produksi di kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Ranah
Pesisir. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan
Randomize Control Group Only Design. Sampel penelitian yaitu kelas X.MMb
sebagai kelas eksperimen menggunakan Pendekatan Pictorial Riddle dan kelas
X.MMa sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran langsung. Teknik
pengumpulan data dari post-test setiap pertemuan pada kelas eksperimen dan
kelas kontrol, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji
hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen didapatkan nilai rata-rata 79,80,
sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 72,88. Hasil perhitungan
hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan thitung> ttabel yaitu 4,458> 1,70,
karena thitung besar dari ttabel, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis
alternatif (H1) diterima. Dapat disimpulkan berarti pada taraf nyata, penelitian ini
memperlihatkan bahwa, terdapat pengaruh hasil belajar siswa yang positif antara
penggunaan Pendekatan Pictorial Riddle dengan pembelajaran langsung pada
mata pelajaran Menerapkan Teknik Pengambilan Gambar Produksi di kelas X
Multimedia SMK Negeri 1 Ranah Pesisir. Maka Pendekatan Pictorial Riddle
lebih baik di bandingkan dengan pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENDEKATAN PICTORIAL RIDDLE
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 09 Jul 2025 01:16
Last Modified: 09 Jul 2025 01:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15242

Actions (login required)

View Item
View Item