Husna, Mila Nurul (2022) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 1 Lembah Gumanti. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_MILA_NURUL_HUSNA_18029109_4805_2022.pdf [thumbnail of B1_01_MILA_NURUL_HUSNA_18029109_4805_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_MILA_NURUL_HUSNA_18029109_4805_2022.pdf
Download (9MB)
Abstract
Hasil belajar matematika pada dasarnya merupakan tujuan utama proses
pembelajaran. Namun kenyataannya Hasil belajar matematika peserta didik kelas
XI MIPA SMAN 1 Lembah Gumanti masih rendah hal ini sebabkan karena
aktivitas belajar yang dilakukan peserta didik kurang baik selama pembelajaran
dan juga model yang diterapkan tidak membuat pembelajaran berpusat pada
peserta didik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi
permasalahan tersebut dengan menerapkan model pembelajaran Conceptual
Understanding Procedures (CUPs). Tujuan penelitian ini adalah untuk
Mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik selama diterapkannya model
pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) di kelas XI MIPA
SMAN 1 Lembah Gumanti dan mengetahui apakah Hasil belajar matematika
peserta didik yang pembelajarannya dengan penerapan model pembelajaran
Conceptual Understanding Procedures (CUPs) lebih baik dari pada Hasil belajar
matematis peserta didik yang pembelajarannya dengan penerapan model
pembelajaran langsung pada peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Lembah
Gumanti.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen semu (quasi
Eksperimen) dengan rancangan penelitian menggunakan Non-equivalent Postest
Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik
kelas XI MIPA SMAN 1 Lembah Gumanti Tahun Pelajaran 2022/2023. Sampel
diambil dengan teknik Simple Random Sampling, sehingga terpilih kelas XI
MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol.
Instrumen yang digunakan yaitu berupa soal tes akhir Hasil belajar matematis
berbentuk soal essay. Data yang diperoleh dianalisis dengan Uji Normalitas, Uji
Homogenitas dan Uji t.
Berdasarkan rata-rata hasil belajar pada tes akhir menunjukkan rata-rata
kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas control yaitu 78,21 kelas eksperimen
dan 71,55 untuk kelas control serta berdasarkan uji hipotesis menggunkan uji –t
diperoleh P-value < yaitu 0,039 artinya terdapat pengaruh dari penerapan model
pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap Hasil
belajar matematis peserta didik, sehingga Hasil belajar matematis peserta didik
yang belajar dengan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures
(CUPs) lebih baik dari pada Hasil belajar matematis peserta didik yang belajar
dengan model pembelajaran langsung.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | Ridha Prima Adri S.Sos |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 01:15 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 01:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15234 |