Using The Dictogloss Strategy in Helping Junior High School Students to Write A Narrative Text

Eldadri Agustin, Melani (2011) Using The Dictogloss Strategy in Helping Junior High School Students to Write A Narrative Text. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_MELANI_ELDADRI_AGUSTIN_77143_5505_2011.pdf] Text
B1_MELANI_ELDADRI_AGUSTIN_77143_5505_2011.pdf

Download (3MB)

Abstract

Menulis teks naratif merupakan salah satu keterampilan yang harus diajarkan
pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Pengajaran keterampilan menulis ini bertujuan
agar para siswa mampu mengembangkan ide, pendapat, pemikiran dan perasaannya
secara logis dan berstruktur dalam bahasa yang baik. Namun kenyataannya banyak
siswa mengalami kesulitan dalam menulis sebuah teks naratif berbahasa Inggris. Hal
ini disebabkan oleh beberapa factor yaitu: siswa memiliki kesulitan dalam
mengembangkan ide, siswa masih ragu dalam menentukan struktur dari teks, dan
sedikitnya kosa kata yang dimiliki oleh siswa. Untuk mengatasi permasalahan
tersebut, guru sebaiknya menggunakan strategi yang menarik yang bisa
mempengaruhi proses belajar siswa lebih efektif dan efesien. Tidak hanya itu, strategi
ini akan membuat siswa termotivasi dalam menulis teks naratif. Strategi yang dapat
digunakan dalam pengajaran menulis teks naratif adalah dictogloss. Dictogloss
merupakan salah satu aktifitas dimana siswa diminta menyusun kembali atau
menciptakan kembali teks narrative yang telah mereka dengar. Ada tiga tahap
pengajaran dalam menggunakan strategi dictogloss, yaitu: pre activity, whilst activity,
dan post activity. Pre activity merupakan tahap awal yang difokuskan pada
pengenalan teks naratif yang akan dberikan kepada siawa. Whilst activity merupakan
tahap dimana siswa diminta mendengarkan teks naratif melalui audio. Siswa juga
membuat catatan kecil ketika mereka mendengarkan teks tersebut. Setelah itu, siswa
bekerja dengan kelompok untuk mendiskusikan dan menulis kembali teks naratif
yang telah mereka dengarkan. Post activity merupakan tahap akhir dimana guru
mendiskusikan dan menyimpulkan hasil karangan siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: Aditya Shawfani S.Pd
Date Deposited: 12 Feb 2025 07:23
Last Modified: 12 Feb 2025 07:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1523

Actions (login required)

View Item
View Item