Agusta, Shinta (2012) Types of Illocutionary Acts in Slogan of Tourism Destination Advertisements. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_SHINTA_AGUSTA_86788_5820_2012.pdf [thumbnail of B1_4_SHINTA_AGUSTA_86788_5820_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_SHINTA_AGUSTA_86788_5820_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Makalah ini mendeskripsikan tipe-tipe tindak tutur ilokusi (the types of
illocutionary acts) yang ditemukan pada slogan iklan tempat-tempat wisata yang
bersumber dari internet. Penulis menganalisis bentuk-bentuk ilokusi yang
banyak digunakan pada iklan pariwisata. Data dikumpulkan dengan mengunduh
iklan tempat-tempat wisata di internet. Teori yang digunakan adalah teori tindak
ilokusi (the types of illocutionary acts) yang dihubungkan dengan karakteristik
ilokusi itu sendiri. Analisis data dipresentasikan secara deskriptif.
Penulis menunjukkan bahwa tipe tindak tutur yang banyak digunakan
dalam iklan tempat-tempat wisata adalah tipe deklaratif. Penulis menyimpulkan
bahwa pembuat iklan menyampaikan ide mereka dengan menggunakan kata-kata
lain sebagai pengganti nama lokasi dengan julukan tertentu. Agar pengunjung atau
peminat yang membaca iklan tersebut tertarik dengan kata-kata yang tercantum
diiklan tersebut. Mereka menggunakan kata-kata yang bervariasi seperti
mendeskripsikan, menjanjikan, dan ada pula yang melanturkannya melalui
sugesti. Walaupun caranya berbeda tetapi tetap mengandung unsur yang sama
yaitu untuk promosi. Tipe-tipe diatas termasuk representatif,expresif,direktif dan
komisif.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PR English literature |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Inggris-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 08:41 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 08:41 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15199 |