Gambaran Lingkungan Belajar Menurut Warga Belajar Kelas IX di Bimbingan Belajar Jhon’s Febby Education Center Tabing Padang

Andika, Shinta (2016) Gambaran Lingkungan Belajar Menurut Warga Belajar Kelas IX di Bimbingan Belajar Jhon’s Febby Education Center Tabing Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_SHINTA_ANDIKA_1105487_4829_2016.pdf] Text
B1_4_SHINTA_ANDIKA_1105487_4829_2016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berjalan dengan baiknya lembaga
bimbingan belajar, yang diduga karena lingkungan belajarnya sangat baik. Tujuan
penelitian ini adalah menggambarkan lingkungan fisik dan lingkungan sosial yang
berada di lembaga bimbingan belajar dari aspek sarana, prasarana, pergaulan
sesama warga belajar, dan pergaulan warga belajar dengan instruktur.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi
berjumlah 80 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah
simple random sampling. Sampel dalam penelitan ini diambil 25% dari populasi
yaitu 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket.
Sedangkan alat pengumpul data dengan menggunakan lembaran angket
(quetioner). Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan rumus
persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan belajar menurut warga
belajar yang dilihat pada aspek lingkungan fisik dan lingkungan sosial
dikategorikan baik, dibuktikan dengan jawaban dari pernyataan yang diberikan
kepada responden penelitian. Di mana sebagian besar menjawab “selalu”.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada lembaga agar tetap menjaga
lingkungan belajar agar minat belajar warga belajar semakin meningkat.
Kata Kunci: Lingkungan Belajar

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 07 Jul 2025 08:41
Last Modified: 07 Jul 2025 08:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15194

Actions (login required)

View Item
View Item