Pratiwi, Silfia (2022) Pengaruh Penggunaan Media Video terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA pada Program Kesetaraan Paket B. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_SILFIA_PRATIWI_17005131_736_2022.pdf [thumbnail of B1_4_SILFIA_PRATIWI_17005131_736_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_SILFIA_PRATIWI_17005131_736_2022.pdf
Download (843kB)
Abstract
Pelaksanaan sekolah kesetaraan tidak luput dari berbagai permasalahan,
dimana karakterisik warga belajar di kejar paket cukup heterogen baik darisegi
usia, pengalaman, latar belakang, sikap bahkan minat belajar dan lain sebaginya.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang aktifnya peserta didik dalam
melakukan pembelajaran pada mata pelajaran IPA di Program Kesetaraan Paket B
dikarenakan media yang digunakan tutor tidak bervariasi. Hal itu membuat hasil
belajar peserta didik yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
hasil belajar peserta didik dengan menerapkan media video pada mata pelajaran
IPA dan untuk melihat pengaruh penerapan media video terhadap hasil belajar di
Program Kesetaraan Paket B.
Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
jenis eksperimen dengan model posttest-only control group. Populasi dari
penelitian ini adalah seluruh warga belajar Program Kesetaraan Paket B di PKBM
Sentosa Hati kelas IX yang berjumlah 50 orang. Adapun sampelnya diambil
menggunakan teknik simple random sampling dari kelas IXA dan IXB dengan
masing-masing kelas diambil 15 orang. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas
dengan memberikan materi yang sama yaitu “sistem reproduksi tumbuhan dan
hewan” dengan perlakuan yang berbeda. Perlakuan atau treatment disini berupa
pemberian media video kepada kelas eksperimen untuk melihat pengaruh
penggunan media video terhadap hasil belajar. Pengumpulan data dilakukan
dengan cara tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-test. Adapun
analisi data dalam penelitian ini yaitu thitung > ttabel dimana 7,126 > 2,048 ini
membuktikan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat dikatakan terdapat
pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar.
Adapun hasil penelitian ini adalah, 1) hasil belajar peserta didik yang tidak
menggunakan media video memiliki rata-rata rendah; 2) hasil belajar peserta didik
yang diberikan perlakuan media video memiliki rata-rata tinggi; dan 3) terdapat
pengaruh yang signifikan antara penggunaan media video terhadap hasil belajar
mata pelajaran IPA peserta didik pada Program Kesetaraan Paket B. Adapun saran
dalam penelitian ini yaitu, 1) diharapkan kepada tutor dalam proses pembelajaran
lebih memperhatikan lagi media pembelajrannya. 2) kepada penyelanggra
program ditingkatkan lagi sarana dan prasarana yang dapat menunjang proses
pembelajaran dengan menggunakan media video.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 04:20 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 04:20 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15180 |