Nurizka, Ririn (2016) Hubungan antara Brand Awareness dengan Loyalitas Konsumen Pengguna Sepeda Motor Honda. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_RIRIN_NURIZKA_1200729_2016.pdf [thumbnail of B1_5_RIRIN_NURIZKA_1200729_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_RIRIN_NURIZKA_1200729_2016.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari fenomena tentang konsumen sepeda motor Honda yang jumlahnya lebih tinggi dibandingkan merek sepeda motor lainnya. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian korelasional, dimana penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara brand awareness dengan loyalitas konsumen pengguna sepeda motor Honda. Brand awareness mengacu kepada kekuatan kehadiran merek di benak konsumen (Aaker, 1995), sedangkan loyalitas konsumen menurut Griffin (2002) merupakan perilaku membeli konsumen yang dilakukan secara berulang, mereferensikan produk kepada orang lain, serta konsumen akan kebal terhadap merek pesaing. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik sampling incidental, dengan subjek penelitian berjumlah 130 orang. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dikembangkan dari tingkatan brand awareness dari Aaker (1995) yang terdiri dari 13 butir item. Sedangkan pengumpulan data untuk loyalitas konsumen berupa skala yang dikembangkan dari Griffin (2002), terdiri dari 41 item. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan teknik korelasi produk moment yang dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara brand awareness dengan loyalitas konsumen pada pengguna sepeda motor Honda di Bukittinggi yaitu dengan nilai rxy sebesar 0.788 dengan p = 0.000 (p<0.01). Artinya semakin tinggi brand awareness maka loyalitas konsumen juga tinggi, begitupun sebaliknya semakin rendah brand awareness maka loyalitas konsumen juga rendah.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BRAND AWARENESS, LOYALITAS KONSUMEN |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 04:19 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 04:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15178 |