Indra, Silvi Novia (2012) Pengaruh Strategi Multiple Intelligences terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMPN 2 Kec. Bukik Barisan Kab. Lima Puluh Kota Tahun Pelajaran 2011/2012. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_SILVI NOVIA INDRA_84006.pdf [thumbnail of B1_4_SILVI NOVIA INDRA_84006.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_SILVI NOVIA INDRA_84006.pdf
Download (2MB)
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu sektor yang menunjang pembangunan
manusia yang berkualitas. Sehubungan dengan hal itu, pemerintah selalu berusaha
meningkatkan mutu pendidikan, namun usaha tersebut belum berhasil secara
maksimal. Hal ini dapat dilihat dari rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena
itu, guru dapat menerapkan berbagai macam strategi pembelajaran agar proses
pembelajaran dapat terselenggara dengan baik. Salah satu strategi yang dapat
digunakan adalah menerapkan strategi Multiple Intelligences (MI). Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi Multiple Intelligences
terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kec. Bukik Barisan.
Dengan hipotesis penerapan strategi Multiple Intelligences memberikan pengaruh
positif terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kec. Bukik
Barisan.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan
penelitian Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi penelitian
adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Kec. Bukik Barisan yang terdaftar pada
semester II tahun pelajaran 2011/2012. Pengambilan sampel dilakukan dengan
teknik purposive sampling berdasarkan kesamaan atau nilai yang mendekati sama.
Dengan pengundian didapatkan kelas eksperimen (VII3) dan kelas kontrol (VII2).
Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji t.
Dari hasil penelitian terungkap bahwa kelas eksperimen memiliki rata-rata
nilai (72,02) yang lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata nilai kelas kontrol
(64,89). Setelah data dianalisis dengan uji t, diperoleh thitung (1,89) > ttabel (1,68).
Dengan demikian, hipotesis yang dikemukakan dapat diterima pada taraf nyata
0,05. Dapat disimpulkan, bahwa penerapan strategi Multiple Intelligences
memiliki pengaruh positif yang berarti terhadap hasil belajar biologi siswa kelas
VII SMPN 2 Kec. Bukik Barisan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 04:19 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 04:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15162 |