Hubungan Sikap dan Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP RSBI Kota Padang Tahun Pelajaran 2011/2012

Olyvia, Silvi (2012) Hubungan Sikap dan Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP RSBI Kota Padang Tahun Pelajaran 2011/2012. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_SILVI OLYVIA_09276.pdf] Text
B1_4_SILVI OLYVIA_09276.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendididikan adalah
menyelenggarakan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). Pelaksanaan RSBI
pada tingkat SMP telah dilaksanakan oleh SMP Negeri 1 Padang dan SMP Negeri 8
Padang. Ditinjau dari aspek kognitif siswa SMP RSBI di Kota Padang memiliki hasil
belajar yang baik dalam mata pelajaran biologi. Namun keberhasilan belajar siswa
tidak
hanya ditentukan oleh aspek kognitif saja. Sesuai dengan tujuan
penyelenggaraan pendidikan adalah membentuk karakter bangsa. Karakter dalam
pendidikan merupakan aspek afektif dalam pembelajaran yang sama-sama berperan
penting dengan aspek kognitif dalam pencapaian hasil belajar siswa. Ditinjau dari
aspek afektif yaitu sikap dan kebiasaan belajar masih ditemukan siswa yang memiliki
sikap dan kebiasaan belajar yang kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hubungan sikap dan kebiasaan belajar dengan hasil belajar belajar biologi
siswa kelas VIII SMP RSBI di Kota Padang Tahun Pelajaran 2011/2012.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian adalah
seluruh siswa kelas VIII SMP RSBI dan pengambilan sampel dilakukan secara acak.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dengan 40 butir. Data
yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan korelasi product moment Pearson dan
analisis regresi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Terdapat hubungan yang berarti
antara sikap dan hasil belajar biologi dengan koefisien korelasi r = 0,5 pada taraf
signifikansi 5% dan sikap berpengaruh 25% terhadap hasil belajar biologi. 2) Terdapat
hubungan yang berarti antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar biologi dengan
koefisien korelasi r = 0,32 pada taraf signifikansi 5% dan kebiasaan belajar
berpengaruh 11% terhadap hasil belajar biologi. 3) Terdapat hubungan yang berarti
antara sikap dan kebiasaan belajar dengan hasil belajar dengan koefisien korelasi r =
0,52 pada taraf signifikansi 5% kemudian sikap dan kebiasaan belajar berpengaruh
27% terhadap hasil belajar biologi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 04 Jul 2025 08:53
Last Modified: 04 Jul 2025 08:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15156

Actions (login required)

View Item
View Item