Pengaruh Penggunaan Modul Fisika dengan LMS dalam Standar Proses Diperkaya terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X R-SMA-BI 1 Lubuk Alung.

Wulandari, Nisa (2013) Pengaruh Penggunaan Modul Fisika dengan LMS dalam Standar Proses Diperkaya terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X R-SMA-BI 1 Lubuk Alung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_NISA_WULANDARI_12722_1194_2013.pdf] Text
B1_5_NISA_WULANDARI_12722_1194_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran pada R-SMA-BI menuntut adanya sumber belajar berbahasaInggris dan menerapkan ICT. Ketersediaan sumber belajar berbahasa Inggrisberbasis ICT pada pembelajaran masih terbatas. Salah satu alternatif untukmengatasi permasalahan ini adalah penggunaan modul Fisika menggunakan LMSyang diyakini dapat mempengaruhi hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untukmenyelidiki pengaruh modul Fisika menggunakan LMS dalam standar prosesdiperkaya terhadap hasil belajar siswa kelas X R-SMA-BI 1 Lubuk Alung.Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitianadalah semua siswa pada kelas X di R-SMA-BI 1 Lubuk Alung yang terdaftarpada tahun ajaran 2012/2013. Melalui teknik Purposive Sampling didapatkankelas X6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X7 sebagai kelas kontrol. Teknikpengumpulan data untuk ranah kognitif adalah tes tertulis sedangkan untuk ranahafektif adalah observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu konversi skorke nilai, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan dua rata-rata.Melalui data yang diperoleh dari hasil penelitian dilakukan analisis datapada ranah kognitif dan ranah afektif. Dari hasil analisis data dapat dikemukakandua hasil penelitian. Pertama, penggunaan modul Fisika menggunakan LMS tidakmempengaruhi hasil belajar siswa pada aspek kognitif. Kedua, modul Fisikamenggunakan LMS memberikan pengaruh yang berarti terhadap hasil belajarsiswa pada ranah afektif yang terlihat pada peningkatan aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODUL FISIKA, HASIL BELAJAR SISWA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 04 Jul 2025 08:51
Last Modified: 04 Jul 2025 08:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15154

Actions (login required)

View Item
View Item