Kesiapan Siswa dalam Menyelesaikan Tugas Sekolah (Studi deskriptif terhadap Siswa SMPN 7 Padang).

Endriani, Ninil (2013) Kesiapan Siswa dalam Menyelesaikan Tugas Sekolah (Studi deskriptif terhadap Siswa SMPN 7 Padang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_NINIL_ENDRIANI_11859_3823_2013.pdf] Text
B1_5_NINIL_ENDRIANI_11859_3823_2013.pdf

Download (585kB)

Abstract

Tugas sekolah berupa pekerjaan rumah (PR) dimaksudkan untukmemberikan pemahaman tentang materi pelajaran kepada siswa yang harusdiselesaikan oleh siswa. Kenyataannya masih dijumpai siswa yang tidakmeyelesaikan tugas karena tidak paham akan tugas tersebut, tidak memiliki bukusumber. Ada siswa yang menyontek tugas teman dan terlambat untukmengumpulkannya. Fenomena ini mengindikasikan bahwa kesiapan siswa dalammenyelesaikan tugas sekolah masih kurang. Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan kesiapan siswa dalam menyelesaikan tugas sekolah dilihat dari:(1) pemahaman siswa terhadap tugas (2) penyiapan sumber/bahan tugas (3)pengerjaan/penyelesaian tugas (4) penyerahan tugas.Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalahsiswa kelas VII dan VIII SMPN 7 Padang yang berjumlah 404 orang. Penarikansampel dilakukan dengan teknik Proportional Random Sampling, jumlah sampelsebanyak 80 orang siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakanangket. Data dianalisis dengan teknik persentase.Temuan penelitian mengungkapkan bahwa kesiapan siswa dalammenyelesaikan tugas sekolah dilihat dari pemahaman terhadap tugas adalah37,5% siswa dikategorikan sangat siap 42,5% siswa dikategorikan siap, penyiapansumber/bahan tugas 37,5% siswa dikategorikan sangat siap 48,75% siswadikategorikan siap, pengerjaan/penyelesaian tugas 32,5% siswa dikategorikansangat siap 57,5% siswa dikategorikan siap, begitu juga dengan penyerahan tugasjuga yaitu 36,25% siswa dikategorikan sangat siap dan 52,5% siswa dikategorikansiap.Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka disarankan kepada guruBK agar berupaya menyelenggarakan berbagai layanan, khususnya bagi siswayang kurang siap yang dapat membantu meningkatkan kesiapan siswa dalammenyelesaikan tugas sekolah serta membantu mengembangkan berbagai potensiyang dimiliki oleh siswa. Kemudian kepada kepala sekolah agar menyiapkanberbagai sarana dan prasarana untuk menunjang pelaksanaan layanan bimbingandan konseling. Bagi peneliti selanjutnya agar dapat mengungkap dan menelitivariabel lain yang berkontribusi terhadap penyelesaian tugas sekolah oleh siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KESIAPAN SISWA, TUGAS SEKOLAH
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 04 Jul 2025 08:49
Last Modified: 04 Jul 2025 08:49
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15143

Actions (login required)

View Item
View Item