Teaching Writing a Narrative Text to Senior High School Students by Using The Replacement of The Character Technique

Nur, Atikah (2011) Teaching Writing a Narrative Text to Senior High School Students by Using The Replacement of The Character Technique. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_ATIKAH_NUR_44333_5934_2011.pdf] Text
B1_ATIKAH_NUR_44333_5934_2011.pdf

Download (384kB)

Abstract

Menulis teks naratif merupakan salah satu keterampilan yang harus diajarkan
pada mata pelajaran bahasa Inggris. Pengajaran keterampilan menulis ini bertujuan
agar para siswa mampu mengembangkan ide, pendapat, pemikiran dan perasaannya
secara logis dan berstruktur dalam bahasa yang baik. Namun, kenyataannya banyak
siswa mengalami kesulitan dalam menulis sebuah teks naratif berbahasa Inggris. Hal
ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu: siswa memiliki kesulitan dalam
mengembangkan ide, siswa masih ragu dalam menentukan struktur dari teks, dan
sedikitnya kosa kata yang dimiliki oleh siswa.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut, guru sebaiknya menggunakan teknik
pengajaran yang baik yang bisa mempengaruhi proses belajar siswa lebih efektif dan
efisien. Tidak hanya itu, teknik ini akan membuat siswa termotivasi dalam menulis
teks naratif. Teknik yang dapat digunakan dalam pengajaran menulis teks naratif
adalah “The Replacement of The Character.” The Replacement of The Character
atau menulis ulang cerita sebuah karya (cerita legenda, novel, atau film) merupakan
salah satu teknik alternatif yang dapat diterapkan para guru di dalam pengajaran teks
naratif. Maksudnya dalam menulis sebuah teks naratif, siswa diminta membaca cerita
atau menonton film terlebih dahulu, kemudian siswa menulis ulang cerita atau film
tersebut dengan mengganti dialog dan karakter berdasarkan kepada pengalaman siswa
yang sesungguhnya.
Ada empat tahap pengajaran dalam menggunakan teknik The Replacement of
The Character ini yaitu: Building Knowledge of the Field, Modeling of the Text, Join
Construction of the Text, and Independent construction of the Text. Building
Knowledge of the Text merupakan tahap awal yang difokuskan pada memberikan
informasi tentang cerita. Modeling of the Text merupakan tahap awal yang difokuskan
pada pengenalan teknik yang akan digunakan. Join Construction of the Text
merupakan tahap dimana siswa bekerja dalam kelompok untuk mengaplikasikan The
Replacement of The Character dalam menulis teks naratif. Independent Construction
of the Text merupakan tahap akhir bagi siswa dalam menulis teks naratif dan juga
penilaian terhadap tulisan yang dihasilkan siswa
Dengan makalah ini penulis mengharapkan teori ini dapat mengembangkan ide
ide siswa dalam menulis teks naratif berbahasa Inggris dalam upaya meningkatkan
motivasi menulis siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: Aditya Shawfani S.Pd
Date Deposited: 12 Feb 2025 06:50
Last Modified: 12 Feb 2025 06:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1514

Actions (login required)

View Item
View Item